Begini Caranya Biar Registrasi Ulang Kartu SIM Sukses

Registrasi ulang kartu SIM prabayar seperti telah menjadi topik yang tak terhindarkan belakangan ini. Alhasil, setiap orang pun mencari tahu mengenainya. Mulai dari penting atau tidaknya, apa dampaknya jika tidak melakukan itu, hingga bagaimana caranya. Nah, jika sebelumnya tim Genit.id telah memaparkan dampak dari keputusan pengguna jika tidak melakukan hal tersebut (mendaftarkan ulang kartu SIM prabayarnya), kali ini giliran bagaimana caranya melakukan itu.

Seperti diketahui,  banyak masyarakat Indonesia yang mengeluh kesulitan dalam melakukan registrasi ulang kartu SIM prabayar mereka. Padahal, sebenarnya ada triknya agar tidak gagal saat melakukan proses registrasi.

Ketua Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) Merza Fachys memaparkan trik tersebut, yanh disebutnya trik khusus untuk melakukan registrasi ulang kartu SIM prbayar.

“Disarankan para pengguna untuk melakukan registrasi pada malam hari. Atau bisa dilakukan dini hari. Kedua waktu ini terpantau tidak sepadat di pagi hingga sore hari,” ujar Merza.

Selain itu, masyarakat Indonesia juga dapat melakukan registrasi ulang kartu SIM prabayar di web operator, agar lebih mudah.

Seperti diketahui, untuk melakukan registrasi, pelanggan diwajibkan melakukan registrasi kartunya sesuai Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Untuk pelanggan baru, registrasi kartu perdana dilakukan dengan mengirimkan SMS ke 4444 dengan format NIK#NomorKK#. Sedangkan untuk pelanggan lama dengan format ULANG#NIK#Nomor KK#.

Informasi tersebut harus sesuai dengan NIK yang tertera di Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP–el) dan KK agar proses validasi ke database Ditjen Dukcapil dapat berhasil.

Kewajiban registrasi pelanggan seluler prabayar ini akan mulai berlaku pada 31 Oktober 2017 dan paling lambat 28 Februari 2018. Bila pelanggan melampaui batas akhir registrasi, maka akan diberi masa tenggang yang itu bisa berdampak pada pemblokiran layanan secara bertahap.

Jika pelanggan prabayar tidak registrasi ulang akan diblokir layanan panggilan keluar, masuk, serta SMS yang paling lambat 15 hari kalender sejak tanggal pemblokiran layanan.

Berikut ini link registrasi kartu SIM Prabayar via web yang diberikan operator seluler:

Registrasi SIM Card Telkomsel

Registrasi SIM Card Indosat

Registrasi SIM Card XL Axiata

Registrasi SIM Card Tri

Registrasi SIM Card Smartfren

 

Sumber :

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…