Susah-susah Gampang, Begini Caranya Biar Bau Prengus Pada Daging Kambing Nggak Kecium!

Lebaran Haji boleh saja berlalu, namun yang namanya bau kambing, sampai kapanpun akan terekam jelas di hidung kita. Lepas dari rasanya yang dibilang banyak orang enak, toh bau prengus tetap tak bisa dilepaskan dari dirinya.

Namun demikian, seperti dilaporkan Science, bau prengus ini juga bukan tanpa alasan. Menurut para ilmuwan Jepang, bau itu berfungsi untuk melanjutkan keturunannya.

Bau prengus itu ternyata disebabkan oleh senyawa 4-etiloctanal, yang saat menyebar ke udara, berubah menjadi asam 4-etiloktanoat. Akibat perubahan ini, yang adakalanya membuat orang mual, prengus membuat reaksi kimia hormonal berantai di otak kambing betina dan memicu ovulasi. Dengan bau itu, kambing jantan pun unjuk gigi kepada pasangannya.

Lantas, mungkin nggak sih bau itu dihilangkan? Apalagi hari-hari ini daging kambing seolah sedang menjadi primadona. Banyak orang berkurban kambing, dan banyak orang pula menerima daging kambing. Akibatnya, semua orang ingin makan daging kambing. Pun meski setelah diolah baunya tetap tertinggal.

Yep, adalah nanas, buah yang bisa membuat kamu melupakan kekhawatiran atas bau prengus yang dihadirkan kambing.  Selain menghilangkan bau, ternyata nanas juga mampu membuat daging kambing menjadi empuk dan nikmat.

Lalu bagaimana mengolah nanas dalam kambing agar kamu mendapat dua manfaat itu? Ternyata cukup mudah loh, kamu cukup mengupas nanas dari kulitnya, potong kecil-kecil kemudian campur dengan daging yang akan kamu olah hingga merata.

Lalu diamkan beberapa saat. Sebelum daging itu siap kamu olah. Kamu bisa mengolah daging ini menjadi sate, gulai, soto, bahkan daging panggang.

Selamat mencoba dan selamat menikmati empuknya daging kurban. [NF/IF]

Hey there!

Close
of

Processing files…