Nggak Perlu Takut Buat Nyuekin Apa Kata Orang, Ini Alasannya!

Ayo ngaku, siapa yang sering dibuat pusing sama omongan orang lain? Entah omongan itu cuma sekedar pertanyaan kenapa kamu begini kenapa kamu begitu, ataupun berisi kritikan kok kamu begini kok begitu.

Apapun itu, yang namanya hidup memang tudak pernah lepas dari omongan orang. Karena bagaimanapun, kita hidup tidak sendirian. Adakalanya, omongan tentang diri kita itu terdengar begitu menyakitkan. Namun di sisi lain bisa juga dijadikan sebagai pecutan untuk memperbaiki diri. Istilah kerennya, introspeksi.

Untuk perkataan-perkataan yang ujung-ujungnya hanya membuat kita terpuruk, mungkin ada baiknya untuk tidak ditanggapi terlalu serius. Sehingga hal itu tidak membuat fokus kita terganggu. Bagaimana caranya? Yang pasti cuek, dan anggaplah itu sebagai angin lalu.

Nah, jika kamu masih ragu dengan perkataan orang lain, apakah itu perlu dipikirkan atau tidak, alasan berikut mungkin bisa jadi acuan agar kamu tetap bisa fokus terhadap hidup sendiri.

1. Kebanyakan mikirin orang bikin kamu takut mencoba hal lain, ujung-ujungnya kamu tidak berkembang

Mencoba hal baru itu menyenangkan, namun adakalanya ketika ingin mencoba hal-hal baru, utamanya saat kita ingin mengembangkan diri, pasti banyak perkataan baik positif maupun negatif. Kata-kata negatif kadang membuat kita takut mencoba. Sementara yang positif sebaliknya.

Apapun itu, tak jarang kata-kata ini membuat kita maju mundur untuk melangkah. Nah, sudah saatnya kamu melupakan kata-kata yang membuat terpuruk, dan terus melangkah.

2. Kamu bukan orang yang sempurna. Jadi tidak perlu berusaha untuk membuat semua orang puas

Kalimat ini harus kamu tanamkan dalam diri, bahwa tidak semua hal bisa kamu lakukan untuk membahagiakan semua orang. Perlu kamu pahami bahwa orang yang harus kamu bahagiakan adalah keluarga atau orang terdekat. Jika kamu merasa keluarga mendukung yang kamu lakukan, lanjutkan. Lupakan apa kata orang. Karena sejatinya cuma keluarga yang selalu memikirkan apa yang terbaik untuk kamu.

3. Lakukan hal yang menyenangkan daripada pusing mikirin orang lain

Pusing dengan banyak perkataan negatif orang, coba deh alihkan diri dengan kegiatan positif dan membuat kamu senang. Misalnya kamu suka berkebun, berenang atau jalan-jalan. Apapun itu yang penting membuat kamu senang.

Jangan sia-siakan masa muda dengan kegiatan yang merugi.

4. Jangan pernah mengikuti kata-kata orang yang belum tentu benar

Kalau kamu merasa risih dengan kata-kata orang dan menjadi pikiran, jangan langsung berubah sikap seperti yang orang itu bilang. Karena belun tentu kata-kata tersebut benar. Coba diskusikan dengan sahabat terpercaya atau keluarga apakah mereka setuju dengan kata-kata orang itu atau tidak. Jika tidak, lebih baik cuekin saja.

5. Bersikap cuek terhadap omongan orang sah kok. Dan sadar lah masa depan ada di tangan kamu

Masa depan itu di tangan kita, bukan tangan orang. Jadi jangan takut mengambil keputusan. Hanya kamu yang tahu apa yang harus kamu lakukan untuk masa depan kamu.

Hidup adalah hak kamu pribadi, jadi kamu punya hak juga untuk mengabaikan kata-kata orang lain. Kamu nggak makan dari mereka kok. So, cuek saja. Jika mereka ngomong langsung di depanmu, tersenyum saja untuk menjaga silaturahmi.

6. Cuek terhadap kata-kata orang bisa meningkatkan rasa percaya diri lho

Kamu harus sadar bahwa semua yang ada di dirimu diberikan Allah dalam keadaan sempurna. Kalau kamu mikirin kata-kata orang terus, akan berdampak negatif bagi diri sendiri. Salah satunya membuat kamu minder.

Kamu akan dihantui rasa takut gagal. Lain ceritanya jika kamu cuek, kamu akan lebih percaya diri dan membuktikan omongan mereka salah. [NF/IF]

Hey there!

Close
of

Processing files…