5 Negara Ini Punya Kebiasaan Unik untuk Sambut dan Rayakan Idul Adha

Lebaran Idul Adha atau lebih dikenal dengan Lebaran haji atau Lebaran kurban, menjadi momen tersendiri bagi umat Islam untuk melatih keikhlasan. Salah satunya dengan melakukan penyembelihan hewan kurban seperti sapi, kambing, domba atau unta. Biasanya, pemotongan hewan kurban dilakukan setelah sholat Id, dan dagingnya akan dibagikan kepada warga sekitar dan mereka yang membutuhkan.

Hal serupa ternyata berlangsun juga di negara lain, utamanya yang dihuni oleh banyak penduduk muslim. Dan tentunya, dengan tradisi dan keunikan masing-masing.

Di bawah ini beberapa tradisi dan kebiasaan unik dalam menyambut dan merayakan Idul Adha di sejumlah negara, yang Genit.id rangkum dari berbagai sumber:

1. Pasar dadakan di China
Meski kebanyakan orang China beragama Konghucu, tidak berarti perayaan Idul Adha tidak meriah di sini. Warga China merayakan Idul Adha selama empat hari dan dimeriahkan dengan pasar dadakan.

Selain itu, setelah melaksanakan sholat Id mereka biasanya akan saling bertukar makanan dan kado. Namun demikian, wanita muslim tidak diperbolehkan sholat Id di mesjid.

2. Memandikan hewan kurban, Pakistan

Berbeda dengan China, di Pakistan muslim adalah mayoritas.  Warga Pakistan akan memandikan hewannya sebelum disembelih. Setelah itu, hewan di hias dengan berbagai karangan bunga.

Untuk perayaam Idul Adha pemerintah menetapkan 4 hari sebagai hari libur. Kalau lebaran jatuh di hari Jumat, berarti liburanya bisa satu minggu dong? Enaknya.

3. Libur di Amerika serikat
Meski bukan negara muslim, Amerika memberikan libur antara 1 sampai 3 hari lho di hari raya idul Adha.  Masyarakat muslim AS tidak menyembelih hewan kurban di Mesjid, melainkan di tempat pemotongan hewan, baru kemudian dibagikan kepada yang membutuhkan.

4. Festival Sapi di Turki.
Di Turki, perayaan Idul Adha terkenal dengan Bagri-eid atau festival sapi. Meski yang dikurbankan bukan hanya sapi, tapi juga kambing dan domba. Namun sebagian besar yang dikurbankan adalah sapi.

Tidak berbeda jauh dengan perayaan di beberapa negara, Turki juga memberlakukan libur selama empat hari.

5. Korban Unta, Arab Saud
Berbeda dengan banyak negara, negera penghasil minyak Arab Saudi lebih banyak melakukan kurban unta dibandingan sapi, kambing atau domba. Yang lebih unik hewan kurban di Arab Saudi tidak dibagikan ke masyarakatnya melainkan ke negara Islam lain yang termasuk miskin. Indonesia juga mulai melakukan pembangian hewan kurban ke negara-negara Islam yang miskin sepetti Somalia. [NF/IF]

Hey there!

Close
of

Processing files…