People standing in line --- Image by © Monalyn Gracia/Corbis

Biar Liburan Nggak Ketunda, Begini Caranya Bikin dan Perpanjang Paspor Tanpa Antri

Paspor adalah benda wajib yang harus dibawa seseorang setiap kali akan bepergian ke luar negeri. Tak ubahnya Kartu Tanda Penduduk atau KTP, ini adalah tanda pengenal kita di negara orang. Tapi, semua orang pasti tahu betapa menantangnya membuat paspor di tanah air. Adakalanya antrian begiiiiiitu panjang. Setidaknya di beberapa kantor imigrasi. Dan ini tak bisa dihindari, bahkan meski kita sudah datang sejak pagi buta sekalipun. Pokoknya, ribet deh.

Alhasil, keinginan untuk memakai jasa calo pun terlintas, lantaran memungkinkan kita tak perlu berlama-lama antri dan datang hanya saat foto.

Eits, jangan salah. Antrian panjang itu cerita lalu lho. Kenyataannya sekarang ini ada cara agar kita tidak perlu antri lama saat akan membuat paspor. Dikutip dari laman  Skyscanner, ada cara jitu agar tidak antri panjang dan si buku hijau melenggang dengan mulus ke tangan kita.

1. Lewat aplikasi resmi antrian paspor

Ternyata kantor imgrasi sudah mulai mengikuti perkembangan zaman, yaitu melalui aplikasi. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat atau memperpanjang paspor.

Meski aplikasi resmi Antrian Paspor baru dirilis awal Agustus lalu oleh  Direktorat Sistem & Teknologi Informasi Keimigrasian, namun cakupan kantor imigrasinya sudah cukup banyak lho, termasuk  Surabaya, Bandung, Makassar, Semarang, Yogyakarta, Polonia, Palembang, Malang, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Tanjung Priok, Karawang, Depok, Jakarta Barat, Bandara Soekarno Hatta, dan Tanjung Perak.

Kamu cukup mengunduh aplikasi, kemudian membuat akun, pilih kantor imigrasi, isi surat permohonan dan jadwal yang tersedia. Setelah itu kamu tinggal datang ke imigrasi sesuai jadwal yang ada, dengan membawa kode booking yang didapat. Sebagai informasi, untuk saat ini aplikasi paspor baru bisa diunduh di Android.

2. Melalui WhatsApp

Cara kedua ini lebih mudah lagi lantaran hanya perlu menggunakan aplikasi Whatsapp. Kamu bisa chat via WA. Tapi mengingat nomor telpon setiap kantor imigrasi berbeda-beda, kamu harus tahu dulu nomor WA imigrasi yang kamu tuju.

Dengan mengunakan WA, kamu cukup menulis pesan #Nama#Tanggal Lahir#Tanggal Kedatangan ke nomor 081299004406 untuk imigrasi Jakarta Pusat. Nanti kamu akan menerima balasan berupa barcode yang merupakan kode booking. Balas pesan itu untuk mendapatkan nomor antrian sekaligus jadwal untuk datang ke kantor Imigrasi. Oh iya, meski sudah dapat jadwal kamu harus datang 30 menit sebelum jadwal ya karena kalau terlewat kamu harus daftar ulang lagi.

Layanan ini sudah diperkenalkan Juni lalu, namun layanan ini hanya untuk paspor baru atau perpanjang, untuk layanan lain seperti pergantian paspor rusak dan hilang belum bisa.

Nah, mau berlibur ke negara mana lagi nih kita? [NF/IF]

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…