9 Rahasia yang Jarang Diketahui Orang Tentang Hotel

Hotel merupakan salah satu hal penting – meski bukan yang terpenting, dalam melakukan traveling. Selain sebagai tempat istirahat, hotel juga menjadi tempat untuk menyimpan barang. Meski, tidak sedikit pula yang menjadikan hotel sebagai tujuan wisata. Misalnya untuk sekedar melepas lelah, bulan madu, ataupun tempat bermain anak.

Tak heran, jika banyak hotel saat ini mulai menyediakan fasilitas hiburan keluarga. Harganya pun bervariasi, mulai dari yang murah sampai yang paling mahal, tergantung dari fasilitas yang ditawarkan.

Namun demikian, tidak sedikit orang yang memilih hotel dengan biaya murah, padahal sebenarnya bisa mendapatkan hotel mewah dengan biaya setengah harga. Selain itu, banyak lagi rahasia hotel yang jarang diketahui orang, utamanya seputar kemudahan mendapatkan fasilitas yang ada di dalamnya. Nah, rahasia apa sajakah itu? Yuk, simak ulasan tim Genit.id:

1. Pesan langsung di atas pukul 18.00 untuk dapat setengah harga

Banyak hotel yang memberikan kebijakan menyewakan kamar kosong dengan harga lebih murah, namun ini tidak dipublikasikan karena khawatir dijadikan alasan oleh tamu untuk memesan di akhir-akhir. Buat kamu yang ingin fasilitas ini coba saja telepon hotel di atas pukul 18.00. Kamu akan dapat hotel dengan harga lebih murah dibandingkan harga pagi.

2. Tidak semua kamar memiliki fasilitas yang sama

Berdasarkan laman Brightside, Jacob Tomsky, orang yang lama bergerak di bisnis perhotelan dan penulis buku rahasia hotel  mengatakan tiap kamar berbeda-beda: ada yang memiliki tampilan lebih indah, kamar mandi lebih baik, atau TV yang lebih baik, dan sudut ruangan lebih luas.

Nah, untuk mendapatkan fasilitas kamar yang optimal, jangan sayang-sayang untuk memberi tips kepada resepsionis.

3. Cek harga asli

Di zaman sekarang ini, banyak traveler yang memilih pihak ketiga sebagai sarana pemilihan hotel, entah itu website, aplikasi ataupun portal. Di sana banyak ditawarkan harga-harga diskon atau bonus.

Namun kadang-kadang harga yang mereka tawarkan lebih mahal dibandingkan dengan harga langsung, jadi jangan ragu untuk memeriksa sebelum memesan.

4. Jangan sepenuhnya percaya soal kebersihan kamar

Dalam hal kebersihan kamar, setiap hotel memiliki kebijakan masing-masing dan berbeda. Misalnya ada hotel yang rutin ganti tiap hari, ada juga yang seminggu sekali. Nah, untuk itu ketika kamu masuk ke kamar hotel periksalah bed cover, seprai dan bantal, kalau kamu ragu kamu bisa minta langsung diganti.

Selain itu, kebersihan perabotan juga harus diperhatikan, seperti gelas dan water heater. Karena mereka hanya diberi waktu 30 menit untuk membersihkan sebelum kita bisa masuk.

Mungkin kita sering melihat gelas di hotel cukup mengkilap, namun itu belum tentu bersih karena bisa jadi mereka mengunakan semir untuk mensugesti tamu bahwa mengkilap adalah bersih. Oleh karenanya sebelum menggunakan ada baiknya mencuci dengan air panas.

Satu benda yang juga nenjadi sarang kuman adalah remote TV. Nah, sebelum menggunakan ada baiknya kamu mengelap dengan tisu basah atau mengunakan cairan antiseptik

5. Jangan lupa selalu kunci kamar setiap berada di dalam

Hotel memang terkesan memberi keamanan lebih di kamar dengan adanya pengait pintu rantai atau card lock namun kamu tetap hati-hati karena itu masih bisa diakali untuk dibuka dari luar. Oleh karenanya kamu harus waspada dan selalu mengunci pintu kamar terutama saat di kamar mandi atau tidur. Baik kamu menginap di hotel mewah atau pun murah.

6. Hati – hati lubang pengintip bisa di akses dari luar

Hampir di semua pintu hotel dilengkapi lubang pengintip untuk melihat tamu sebelum membuka pintu. Namun kamu harus hati-hati ternyata ada beberapa lubang pengintip yang bisa diakses dari luar kamar. Untuk antisipasi sebelum masuk, bolehlah kamu memeriksa lubang tersebut atau tutup lubang tersebut dengan kain atau kertas.

7. Jangan bersandar pada jendela kamar

Kenapa tak boleh bersandar di jendela kamar ya, padahal banyak hotel yang memiliki pemandangan bagus. Hal ini dikarenakan hotel tidak rutin dalam memeriksa ketahanan jendela. Jadi daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik menjaga keamanan diri.

8. Jangan sembarang makan makanan di kamar hotel, tidak semua gratis

Hampir semua hotel menaruh makanan dan minunan di dalam kamar, untuk memudahkan tamu menyemil. Namun tidak semua makanan dan minuman yang disediakan itu gratis. Kamu akan dikenakan charge saat chek out dan harganya lumayan mahal dari saat membeli di luar. Yang sudah pasti gratis adalah air mineral, kopi, teh dan gula.

9. Beri tips kepada doorman atau bellman

Ayo jujur, kamu pernah nggak memberi tips pada mereka? Coba kamu beri mereka sedikit tips jika pelayanan mereka memuaskan. Kamu bisa dapat jalan dari mereka untuk dapat upgrade kamar atau makan malam gratis kalau beruntung. [NF/IF]

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…