Hispanic woman looking at change in glass jar

So Simple, Generasi Millenial Bisa Terapkan 5 Cara Ini untuk Berhemat

Banyak alasan kenapa orang memutuskan untuk berhemat. Buat anak muda, khususnya mereka yang masuk kategori millenial, sering kali melakukan kegiatan ini (berhemat)  untuk bisa melakukan sejumlah hal. Salah satunya adalah menjalankan hobinya, entah itu traveling, beli mainan, buku, nonton konser dan sebagainya. Meski tidak sedikit juga yang berhemat untuk menabung.

Apapun tujuannya, yang pasti hidup hemat alias ngirit bukanlah perkara mudah. Apalagi bagi mereka yang terbiasa hidup mewah. Nah, buat kamu-kamu yang ingin hidup hemat namun berasa susah, berikut   beberapa tips dari Genit. Dijamin kamu bisa lebih irit dan menikmati hasil dengan lebih bahagia.

1. Sarapan dengan minuman sereal

Kita tahu pentingnya sarapan, namun bukan berarti kamu harus meninggalkannya hanya demi berhemat.
Kalau biasanya kamu yang tinggal di kosan biasa sarapan nasi uduk atau bubur dengan harga Ro5000 – Rp10000 per porsi, sekarang beralihlah ke minuman energi yang banyak dijual di warung atau supermarket. Harganya lumayan murah loh, hanya sekitar Rp 2000-Rp 3000 per buah kalau beli di grosir (10 buah ). Jauh lebih murah irit dong.

Minunan sereal ini juga bisa jadi alternatif cemilan kamu saat lapar. Daripada jajanan yang menguras uang, mending minum sereal.

2. Pilih menu sederhana tapi bergizi

Berhemat itu bukan berarti tidak mempertimbangkan gizi loh, termasuk soal makan siang dan malam. Coba pilih menu-menu sederhana seperti tempe, tahu atau telur, dibanding ayam. Jangan lupa sayur mayurnya.  Meski sederhana, menu-menu itu juga penuh gizi. Hindari makanan cepat saji yang menguras kantong.

Dengan metode makan siang dan malam seperti ini kamu bisa hemat banyak.

3. Bergaul itu penting, tapi jangan sering-sering 

Meski sedang berhemat, bukan berarti kamu tidak boleh nongkrong atau ngopi-ngopi di cafe. Bagaimanapun, pergaulan itu penting, apalagi buat kamu generasi millenial. Tapi, jangan sampai juga setiap hari. Karena itu akan lumayan  menguras kantong. Usahakan pergi nongkrong di hari kerja, biasanya akan ada banyak promo yang ditawarkan kafe-kafe atau tempat makan. Lumayan dong buat penghematan.

Nah, selama masa penghematan kamu bisa nongkrong di taman dengan bawa kopi yang diseduh dari rumah atau seharian nonton tv.

4. Pesan es teh manis atau espresso saat nongkrong di kafe

Jangan permalukan dirimu ketika nongkrong di cafe dengan cuma minun air putih lantaran sedang melakukan penghematan. Kamu harus cerdik dalam memilih menu biar tidak malu-maluin.

Kamu bisa pilih menu ekspreso atau teh manis karena dua menu ini tergolong paling murah. Demi penghematan, kamu nggak harus jadi jamaah air putih kok. Asal cerdik memesan, nongkrong tetap bisa berjalan dengan nyaman.

5. Selipkan duit Rp 20000 – Rp 50000

Ini cara paling menyesakan tapi menyenangkan. Kamu bisa menyelipkan uang di berbagai tempat pada awal bulan atau saat gajian, kemudian lupakan. Kamu bisa menyelipkan itu di dompet, saku tas atau di bawah tumpukan baju.

Nah, ketika kamu menemukannya tanpa sengaja, kamu bisa bersenang-senang dengan uang itu. Atau kalau kamu masih ingat saat tidak punya uang bisa jadi dana cadangan. [NF/IF]

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…