Jalan-jalan ke 6 Pasar Antik Paling Populer di Dunia

Jalan-jalan pada dasarnya bukan sekedar liburan atau melepas stress, tapi juga mengenal budaya dari tempat atau daerah yang kita kunjungi, entah itu yang berkaitan dengan makanan, kebiasaan masyarakat hingga sejarah setempat dengan mengunjungi tempat peninggalan sejarah atau museum.

Cara lain dan menyenangkan mengenal kebudayaan sebuah negara adalah dengan berkunjung ke pasar antik. Di sini kita tak hanya bisa melihat barang-barang langka dan unik, tetapi juga memilikinya.

Di dunia ini, ternyata ada loh 6 pasar antik yang cukup populer. Wajib mampir nih untuk sekedar jalan-jalan atau belanja.

1. Rose Bowl Flea Market, Pasadena, California

Rose Bowl Flea market merupakan pasar antik terpopuler dan terbesar di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Di sini kamu bisa menemukan perhiasan, aksesoris, musik, pakaian, dan barang klasik lainnya.

Buat kamu yang mau mampir ke sini harus datang di minggu ke 2 tiap bulan pada pukul 05.00 pagi sampai 16.00 atau 4 sore. Kamu bisa menemui hampir 2.500 kios di pasar yang selalu dikunjungi 20 ribu orang baik warga lokal maupun mancanegara setiap harinya ini.

Karena lokasi di tempat terbuka, kamu harus siap menggunakan topi serta tabir surya ya. Plus jangan lupa pakai sepatu super nyaman untuk keliling.

2. El Rastro, Spanyol

Pasar ini konon katanya sudah ada sejak 500 tahun lalu dan menjadi pasar tertua dan terbesar di Eropa. Pasar ini menyediakan banyak barang seperti pakaian, sepatu, tas, jaket, lukisan, aksesoris, hingga kerajinan tangan.

Pasar ini menjadi favorit wisatawan lokal dan mancanegara karena memiliki harga yang cukup murah dan dapat tawar menawar. Seru kan? Kamu juga bisa belanja dengan puas karena ada 3500 gerai penjual.

Selain berburu barang antik, di sini kamu bisa juga berjelajah kuliner khas spanyol dan berkunjung museum di El Rastro. Kamu bisa mengunjungi pasar ini di hari Minggu atau libur nasional setiap jam 9 pagi sampai jam 3 sore. Kalau belanja atau jalan-jalan kesini hati-hati ya banyak copet.

3. San Telmo Antiques Fair, Argentina

Pasar ini juga sudah lama ada, yaitu sejak 1971 debgan 270 kios pada awalnya.
Pasar yang berada di deretan gedung-gedung tua di Buenos Aires ini adalah pasar paling ramai di sekitar Plaza Dorrego. Selain berburu barang antik, kamu juga bisa melihat hiburan penari dan musik tango yang dimainkan musisi jalanan di sini.

4. Marche aux Puces de Clignancourt, Prancis

Buat kamu yang jalan-jalan ke Prancis dan menyukai barang antik, wajib mampir ke  Marche aux Puces de Clignancourt. Ini surga barang antik di pusat kota Paris. Selain itu harga yang ditawarkan juga cukup murah.

Hampir 3000 kios berada di pasar ini dan menawarkan berbagai barang mulai dari lukisan, kain, pernak-pernik hingga alat musik kuno.

Pasar ini buka tiga kali dalam seminggu, yaitu pada hari sabtu dan minggu pada jam 10.00-18.00 dan senin pada pukul 11.00-17.00

5. Brimfield Antique Show, Amerika Serikat

Pasar ini awalnya bermula dari juru lelang Gordon Reid, seorang juru lelang. Pada tahun 1959, ia menggelar lelang barang di halaman rumahnya. Dan setelah beliau meninggal, kegiatan jual beli barang antik di sini terus berkembang bahkan menempati lahan 11 hektar dengan lebih dari 500 pedagang.

Pasar ini hanya buka pada bulan Mei, Juli dan September. Tapi bukan sebulan penuh, melainkan hanya 6 hari tiap bulannya. Meski berada di Amerika Serikat, sistem pembayaran yang digunakan di sini adalah tunai, jadi tidak bisa menggunakan kartu Debit apalagi Kredit.

6. Caledonian Market, Inggris

Pasar ini sudah ada sejak abad ke 19, sebagai pasar umum. Namun seiring berjalannya waktu pedangan di sini mulai berjualan khusus barang antik, terutama perak.

Pasar ini terus berkembang, meski sempat tutup pada Perang Dunia Kedua. Setelah renovasi, pasar ini dibuka kembali pada tahun 1953. Tapi dengan lokasi berbeda, yaitu di dermaga di Bermondsey. Pasar ini kemudian dikenal dengan nam New Caledonian Market atau Bermondsey Square Antiques Market.

Pasar ini buka setiap jumat pada pukul 4 pagi hingga 1 siang. [NF/IF]

Hey there!

Close
of

Processing files…