business, finance, saving, banking and people concept - close up of woman hands putting us dollar money into glass mason jar

Biar Akhir Bulan Nggak Berasa Dibobol, Yuk Lakukan Penghematan di 6 Pos Ini!

Kadang kita melihat semua yang dikeluarkan untuk keperluan rumah sudah pas alias tidak bisa dihemat lagi. Ternyata, hal itu tidak sepenuhnya benar, karena ada beberapa pengeluaran rutin bulanan yang tanpa kita sadari ternyata bisa dihemat, dan itu tidak sedikit lho.

Nah, mau tahu jenis pengeluaran apa saja yang setiap bulannya terasa menguras dompet cukup besar, namun ternyata bisa dihemat itu? Bukan cuma ibu rumah tangga saja yang bisa menerapkan cara ini, kamu yang masih lajang juga bisa kok. Berikut beberapa pos yang dimaksud itu:

1. Iuran bulanan TV kabel

Coba kamu pikir-pikir, seberapa sering kamu memanfaatkan fasilitas TV kabel yang kamu bayar? Benarkah sudah cukup maksimal dan sesuai dengan apa yang kamu keluarkan?

Buat kamu yang lajang dan bekerja, fasilitas TV kabel mungkin hanya bisa kamu nikmati selama beberapa jam saja dalam sehari. Belum lagi jika kamu terlalu lelah lantaran telah bekerja seharian, yang ada kamu akan lebih memilih istirahat ketimbang nonton TV.

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, kamu bisa menikmati atau memanfaatkan layangan streaming dengan memanfaatkan koneksi internet atau wifi. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi membayar TV kabel. Lumayan loh, bisa menghemat sekitar Rp 200 ribu setiap bulannya.

2. Produk Pembersih

Ada begitu banyak produk pembersih yang beredar di pasaran, mulai dari pembersih lantai, pembersih jendela, pembersih noda yang membandel pada baju, hingga pembersih meja dapur. Bayangkan jika kamu menggunakan semua jenis pembersih itu. Untuk lebih menghenat, mulailah hanya mengunakan satu atau dua pembersih. Ini akan membuat kamu jauh lebih berhemat.

3. Jasa tukang kebun

Kebun memang dapat memberi kenyamanan tersendiri bagi kita yang memandanginya. Kebun juga akan membantu kita menghilangkan stress. Namun, tidak sedikit dari kita yang tak punya waktu mengurus. Alhasil memanggil orang atau tukang kebun pun menjadi pilihan.

Mulailah untuk merawat dan membersihkan kebun rumah sendiri. Seperti menyiram pada pagi hari atau memberi pupuk pada akhir pekan. Pilihlah tanaman yang cantik namun tidak memerlukan perawatan ekstra. Ini akan membantu kamu lebih ringan dalam merawatnya. Dan pastinya, menghemat biaya tukang kebun.

4. Tagihan telepon

Ayo cek berapa besar biaya telepon atau pulsa handphone yang haru kamu keluarkan dalam sebulannya. Mulailah mengunakan layanan yang tidak menarik pulsa, misalnya telepon via WA atau Skype dan LINE.

5. Berhenti berlangganan ini itu 

Ayo cek-cek kembali langganan apa saja yang kamu ikuti saat ini? Misalnya langganan gym, majalah, klub renang atau yang lainnya. Hitung berapa besar biaya yang harus kamu keluarkan tiap bulan dan berapa banyak yang kamu gunakan. Mulailah lebih selektif.

6. Rekening listrik

Berapa besar tagihan listrik yang harus kamu keluarkan setiap bulannya? Apakah sudah cukup besar penghematan yang kamu lakukan untuk penggunaan listrik tiap bulannya? Ayo mulai berhemat pengunaan listrik di rumah dari mulai hal-hal sepele seperti cabut bekas charger handphone atau laptop, hingga mematikan lampu saat tidak terpakai. [NF/IF]

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…