Woman Holding Credit Card

Lakukan 6 Hal Ini, Biar Pake Kartu Kredit Nggak Bikin Belangsak

Kartu kredit boleh dibilang telah menjadi salah satu gaya hidup bagi masyarakat modern. Dengan alasan kemudahan dalam bertransaksi baik di dalam maupun luar negeri. Dengan menggunakan kartu kredit, kita dapat berbelanja saat tanggal tua maupun muda tanpa harus berpikir rekening tabungan akan terkikis atau berkurang.

Namun, kemudahan ini kadang membuat kita terlena, hingga cenderung boros dan akhirnya sibuk gali lubang tutup lubang setiap bulannya. Genit .id akan membagikan sejumlah tips agar kita tidak boros dalam menggunakan kartu kredit. Yuk, simak beberapa diantaranya:

1. Bukan cuma anak yang cukup 2, kartu kredit juga 
Aturan Bank Indonesia juga menganjurkan satu orang hanya boleh memiliki maksimal dua kartu kredit. Semakin banyak kartu kredit yang kamu miliki, akan semakin banyak pula kamu menghabiskannya dan menjadi boros karena tak kuasa menahan diri untuk belanja sana-sini

2. Jangan kebanyakan limit 
Sebisa mungkin gunakan limit yang rendah untuk kartu kredit, sehingga kamu tidak terbelit utang terlalu banyak. Selain itu, dengan limit yang rendah kamu juga akan lebih pintar dalam mengolah keuangan.

3. Jangan tarik tunai dari kartu kredit
Salah satu manfaat kartu kredit adalah dapat menarik tunai. Tapi sebisa mungkin jangan kamu lakukan, karena bunga yang ditawarkan cukup besar dan memberatkan.

4. Belanja dengan cerdas
Sebelum membeli, cobalah teliti dan pikir dengan masak-masak. Dan usahakan beli dengan pembayaran cicilan dan bunga nol persen. Dengan cara ini, tagihan menjadi ringan dan kantong tetap aman.

5. Manfaatkan reward poin
Reward point dalam kartu kredit dapat digunakan untuk potongan pembayaran. Jadi setiap kamu belanja sesuatu dan toko tersebut bekerja sama dengan kartu kredit yang kamu gunakan, manfaatkan poin reward sebagai potongan.

6. Teliti terhadap tagihan
Banyak orang malas untuk memeriksa tagihan mereka, ini merupakan hal yang salah. Teliti memeriksa tagihan ditujukan unuk mencegah adanya tagihan yang masuk padahal kamu tidak melakukan transaksi. Dan segera lakukan komplain ke penerbit jika ini sampai terjadi. [NF/IF]

Hey there!

Close
of

Processing files…