Biar Nggak Dibuat Pusing Sama Utang, Ini 4 Jurus Jitu untuk Melunasinya

Punya utang itu nggak enak, tapi namanya hidup, adakalanya kita tak bisa menghindari itu dan tetap harus melakukannya demi memenuhi kebutuhan. Entah itu untuk makan, sekolah, ataupun kebutuhan lainnya yang mendesak.

Well, sebenarnya tak ada yang salah dengan itu (berutang). Namun demikian, harus dipikirkan juga cost of flow dari keuangan kita dan bagaimana nasibnya secara jangka panjang. Bagaimanapun, saat untuk membayar utang selalu nenjadi tugas yang berat bagi semua orang. Supaya tidak berat, berikut beberapa tips yang kami kumpulkan agar kita dapat melunasi utang-utang dan tidak terus-menerus dibebani oleh itu.

1. Prioritaskan membayar utang dengan bunga besar
Kenapa utang ini harus diprioritaskan? Karena jika tidak,  utang itu akan terus membesar lantaran bunganya. So, kalau ada dana lebih, sebaiknya lunasilah utang yang ini, agar kian mengecil. Gapapa lah bersusah-susah dahulu, yang penting utang abis.

2. Dahulukan utang dalam jumlah kecil
Jika utang kamu terbagi dalam banyak pos, maka selain mendahulukan yang berbunga besar, kamu juga bisa mendahulukan utang-utang yang kecil. Dengan cara ini maka utang kamu dalam pos-pos kecil akan habis dan kamu hanya berhutang pada 1 atau 2 pos saja.

3. Beralih ke pinjaman bunga rendah
Ini bukan cara terbaik dalam menutup utang, namun ini bisa dilakukan jika utang-utang kamu di bank terkena bunga besar. Segera hubungi bank dan minta opsi pengalihan utang.

Beberapa orang biasanya memilih untuk mengkonsolidasikan pinjaman mereka menjadi satu pembayaran dalam satu tagihan, karena dalam tagihan akan tertera berapa jumlah utang dan bunganya.

Tapi hati-hati agar biaya cicilan yang rendah tidak membuat situasi malah semakin buruk dengan Anda menyicil utang baru. Dan setelah terbebas dari utang,  selalu ingat agar jangan menggunakan kartu kredit  lagi, kecuali memang keadaan sangat mendesak dan tidak ada cara lainnya. Mulailah melatih diri sendiri untuk tidak mudah berutang.

4. Mencari sumber dana tambahan
Ini jalan terbaik dalam melunasi utang. Dengan menambah pendapatan maka kemampuan membayar utang akan meningkat. Semangatlah bekerja paruh waktu selama tidak menganggu kerja utama.

Kamu bisa mulai bekerja paruh waktu sesuai minat seperti fotografi, jualan online, tour guide, penerjemah. [NF/IF]

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…