Apes, Gara-gara Nggak Teliti 22.000 Pengguna Wi-Fi Gratis Terpaksa Bersihkan WC

Saat masuk ke Wi-Fi publik, biasanya orang sangat jarang membaca halaman “Syarat dan Ketentuan”. Karena selain panjang, isinya juga sangat membosankan. Tapi, waspada sepertinya mulai harus diterapkan jika kalian berurusan dengan wi-fi publik yang satu ini. Betapa tidak, salah-salah kamu akan diganjar dengan hukuman membersihkan WC. Lho kok?

Adalah penyedia Wi-Fi publik Purple yang menambahkan sesuatu yang terbilang jahil di dalam halaman Terms and Conditions mereka, yang sebenarnya berisi persetujuan bahwa pengguna bersedia untuk melakukan pelayanan masyarakat selama 1.000 jam seperti membersihkan WC, membersihkan taman dari kotoran hewan, dan lainnya saat menggunakan w-fi ini.

Yep, Syarat dan Ketentuan atau Terms and Conditions akan langsung berlaku ketika pengguna ingin mendaftar atau mengunduh sesuatu.

Alhasil, 22.000 orang pun tanpa sengaja atau disadari “mendaftar sebagai “relawan” dalam kegiatan 1.000 jam layanan masyarakat, dengan imbalan Wi-Fi gratis.

Tentu saja, provider wi-fi ini tidak serta mengerjai pelanggannya dengan syarat dan ketentuan itu. Karena menurut CEO Purple, Gavin Wheeldon, hal tersebut sebenarnya dilakukan untuk menyadarkan masyarakat akan perlunya membaca syarat dan ketentuan berlaku ketika mereka mendaftar sesuatu atau ingin mengakses jaringan publik.

“Pengguna Wi-Fi perlu membaca persyaratan saat mereka mendaftar untuk mengakses jaringan. Apa yang mereka setujui, berapa banyak data yang mereka bagikan, dan lisensi apa yang mereka berikan kepada provider? Percobaan ini menunjukkan terlalu mudah untuk menyetujui sesuatu yang tidak adil,” jelasnya seperti dikutip dari Mashable.

Uniknya, dari 2 minggu “keisengan” ini dilakukan, hanya satu orang yang memeriksa halaman persyaratan dan selamat dari pekerjaan 1.000 jam layanan masyarakat. Ayo, lebih baik baca halaman persyaratan sebelum mendaftar sesuatu ya! [FHP/IF]

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…