8 Fakta Menarik Tentang Despacito, Mulai dari Lirik Mesum Hingga Justin Bieber yang Memelas

Masih ingat dengan lagu Macarena yang sempat booming di awal-awal tahun 1996 lalu? Saat itu, siapapun mungkin tidak menyangka bahwa lagu berbahasa Spanyol yang dilantunkan Los Del Rio itu akan menjadi hits di dunia internasional. Apalagi, sampai bertengger di 10 besar tangga lagu Billboard Amerika, yang saat itu boleh dibilang tidak begitu akrab dengan lagu berbahasa lain selain Inggris. Alhasil, sejarah pun terukir.

Bertahun-tahun berlalu. Kini sebuah lagu lain dengan bahasa yang sama sukses mencuri perhatian dunia. Ya, adalah Despacito nama lagu itu. Sebuah lagu berbahasa Spanyol yang dilantunkan Luis Fonsi dan Daddy Yankee, yang kini sedang menghebohkan dunia musik lantaran berhasil memuncaki tangga lagu barat bulan Juni lalu. Lagunya memang asyik dan enak didengar. Tapi, tahukah kalian bahwa ada banyak fakta unik terkait lagu itu, mulai dari liriknya yang ternyata sama sekali tidak mendidik. Lantaran berisi ajakan untuk melakukan seks bebas, hingga proses penciptaannya yang ternyata hanya memakan waktu satu hari.

Untuk lebih jelasnya, berikut hasil rangkuman tim Genit.id:

1. Dibalik musiknya yang enak didengar, mungkin tak banyak yang tahu bahwa lirik lagu Despacito sebenarnya cenderung ke arah negatif, alias mesum

Despasito sendiri, seperti dilansir The Sun, memiliki arti Perlahan. Buat kalian yang mungkin belum tahu, lagu ini berkisah tentang sebuah hubungan intim yang dilakukan secara perlahan dan meninggalkan memori yang mendalam. Ini bisa dibuktikan dari cuplikan liriknya dalam bahasa Indonesia, yang kalau diartikan berbunyi:

Despacito
Pelan-pelan

Quiero respirar tu cuello despacito
Aku ingin bernafas dilehermu pelan-pelan

Deja que te diga cosas al oído
Biarkan aku berbisik ditelingamu

Para que te acuerdes si no estás conmigo
Supaya kau bisa mengingat aku saat kau tak bersamaku

Despacito
Pelan-pelan

Quiero desnudarte a besos despacito
Aku ingin melepas pakaianmu secara perlahan sambil menciummu

Firmo en las paredes de tu laberinto
Memasuki “dinding labirin” mu

2. Tahu nggak sih, Despacito mencetak rekor sebagai video musik Bahasa Spanyol yang paling banyak ditonton?

Nggak tanggungtanggung, cuma butuh waktu sehari sejak video original ditayangkan, Despacito langsung memikat mata 5,4 juta penonton. Alhasil, video musik lagu ini pun menjadi video berbahasa Spanyol paling banyak ditonton dalam waktu 24 jam. Ingat, cuma dalam 24 jam. Wow!

3. Dua bulan berlalu, kini jumlah penonton video resmi Despacito telah mencapai lebih dari 2.5 milyar di laman YouTube

Jumlah penonton yang fantastis ini telah menjadikan Despacito masuk ke dalam 10 besar video dengan penonton terbanyak di YouTube. Padahal, Despacito merupakan satu-satunya video yang dirilis pada tahun 2017 di dalam kategori tersebut. Another wow!

4. Saking happeningnya, Despacito sukses bertengger di puncak Billboard Top 100 selama 3 minggu berturut-turut
Seperti diketahui, Billboard adalah sebuah media asal Amerika Serikat yang dikenal dengan tangga lagunya. Jika 20 tahun lalu tangga lagu ini kedatangan Macarena, kini giliran Despacito yang mereka sambut kedatangannya. .

5. Lagu berbahasa Spanyol kedua yang memuncaki Billboard

Lagu-lagu dengan unsur Spanyol di dunia musik bukanlah hal baru, namun Despacito adalah lagu berbahasa Spanyol pertama yang berhasil menduduki puncak Billboard. Lagu ini menyusul sang kakak Macarena, yang lebih dulu ada 20 tahun silam. Nggak tanggung-tanggung, Despacito bahkan jadi pemuncak selama 3 minggu berturut-turut.

6. Diciptakan oleh seorang wanita

Fonsi tak sendirian saat menciptakan lagu ini. Ia dibantu penyanyi wanita sekaligus penulis lagu, Erika Ender. Ender lah yang menambah sentuhan romantis pada lagu dan berpengaruh dalam genre musik yang akhirnya dipakai.

7. Roma boleh saja tidak bisa dibangun dalam semalam, tapi Despacito bisa
Ya, nyatanya hanya butuh waktu satu hari lah bagi Luis untuk menghasilkan lagu ini. Bercerita pada E! Online, Luis mengatakan bahwa ia terbangun di suatu pagi dengan melodi dan lirik Despacito di kepalanya. Ia pun menghubungi Erika Ender, seorang penulis lagu dari Panama, dan mereka pun mengerjakan lagu tersebut di hari itu. Dan akhirnya, pada siang hari mereka berhasil menyelesaikan sebanyak 80% dari lagu Despacito. Keren!

8. Justin Bieber is in the house!
Sukses dengan versi awal, April lalu Luis Fonsi dan Daddy Yankee menggandeng Justin Bieber untuk kembali menyanyikan versi pop lagu ini. Hasilnya, rekor kembali terpecahkan ketika video ini menjadi video yang paling banyak ditonton dalam sehari sepanjang tahun 2017. Mau tahu berapa banyak? 20 juta kali. Dan usut punya usut nih, versi pop konon dibuat karena Justin Bieber mendengarnya di sebuah klub saat ia sedang mengadakan tur di Amerika Selatan. Nggak lama setelah mendengar Despacito, Justin pun langsung menghubungi tim Fonsi dan mangatakan bahwa ia ingin menjadi bagian dari lagu tersebut. Luar biasa!

Hey there!

Close
of

Processing files…