Liburan Nggak Mesti Jauh, yang Penting Happy dan Hemat

Saat kita merecanakan sebuah perjalanan, banyak muncul untuk diatasi. Mulai dari menentukan destinasi yang dituju, membeli tiket, membayar penginapan, jajan, hingga bahkan membeli oleh-oleh. Semua pengeluaran itu sudah barang tentu akan menguras kantong, dan itu tidak cetek. Lantas, bagaimaana jika di saat yang bersamaan bujet yang kita anggarkan terbatas?

Bukan sebuah alasan untuk memupuskan niat kita melakukan perjalanan memang, namun ini cukup menjadi alasan bagi kita untuk berhemat. Karenanya, sangat dianjurkan untuk mempersiapkan perjalanan dengan matang dan terencana, kalau bisa, bahkan telah diatur sejak jauh-jauh hari.

Nah, hal-hal berikut adalah beberapa diantaranya yang harus kalian pertimbangkan saat akan menyusun rencana perjalanan dengan bujet terbatas. Dijamin, liburan kalian bakal tetap menyenangkan.

1. Pilih rute domestik
Melakukan perjalanan dengan uang yang terbatas, sama artinya dengan menghindari tempat-tempat tertentu. Salah satunya adalah luar negeri, apalagi negara yang mengharuskan kalian memiliki visa untuk bisa memasukinya. Kenapa? Karena biaya untuk visa itu sendiri biasanya tidak murah. Belum lagi jika kita belum memiliki paspor, untuk membuatnya kita juga butuh biaya. Kita bisa memilih destinasi wisata yang ada di sekitaran pulau Jawa, atau kalau mau paling jauh, mungkin bisa mendatangi Lombok. Pokoknya, usahakan yang dekat-dekat tapi sesuai dengan tujuan kita untuk liburan atau refreshing.

2. Hindari peak season
Hal pertama yang harus dipertimbangkan saat akan melakukan perjalanan atau liburan adalah memilih waktu yang tepat. Masalahnya, hal ini akan berkaitan langsung dengan besarnya biaya yang harus kita keluarkan. Sangat dianjurkan untuk tidak memilih peak season, karena harga tiket dan penginapan biasanya sedang mahal-mahalnya.

3. Cari tiket promo
Sama seperti ojek online, maskapai penerbangan juga terus berlomba untuk menggaet lebih banyak penumpang. Karenanya beragam promo dan diskon pun mereka gelar. Di Panorama JTB misalnya, kita bisa mendapatkan potongan harga hingga Rp490.000 jika membeli tiket pesawat – khususnya rute domestik – tepat di hari jadi DKI Jakarta, yakni 22 Juni. Sementara di luar tanggal tersebut, akan ada diskon hingga Rp120.000. Lumayan kan untuk penghematan? Dan promo yang berlangsung sejak 15-22 Juni ini juga berlaku untuk pembelian hotel lho. Pas banget dong buat kita yang lagi mau hebat besar-besaran. Ibarat pepatah, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, sekali masuk situs web, tiket pesawat dan kamar hotel murah dimiliki.

4. Bermalam di Hotel Budget
Sekali lagi, selain tiket perjalanan, biaya penginapan juga menjadi salah satu komponen terbesar dalam pengeluaran liburan. Untuk itu, penting untuk mempersiapkan ini sejak awal. Sama halnya dengan tiket pesawat, sewa hotel juga akan mengalami peningkatan yang tajam di musim liburan, jadi usahakanlah untuk memesannya sejak jauh-jauh hari. Dan usahakan untuk mencari situs pemesanan yang menawarkan promo atau diskon. Panorama JTB menawarkan diskon Rp100.000 untuk pemesanan hotel di seluruh Indonesia dalam rangka Jakarta Great Online Sale.

5. Pilih Transportasi Publik
Meski ini adalah tempat yang baru pertama kali kita kunjungi, upayakan untuk selalu menggunakan alat transportasi publik, seperti bus, angkot atau yang lainnya. Sebab itu menghafal dan mencari tahu jadwal operasi mode transportasi publik di destinasi tujuan kita sangat penting. Ini akan jauh lebih murah ketimbang kalian naik taksi.

6. Jangan Makan di Kafe atau Restoran
Jalan-jalan ke luar kota tidak pernah lengkap tanpa mencicipi kuliner setempat. Untuk menyiasati bujet yang terbatas, bisa dilakukan menghindari makan di kafe atau restoran. Pasalnya harga yang akan kita bayarkan pasti akan lebih mahal dari makan di rumah makan biasa atau di pinggir jalan. Rasanya belum tentu enak lagi.

7. Pilih tempat rekreasi gratisan
Saat berkunjung ke sebuah tempat, kita pasti akan butuh biaya yang tidak sedikit untuk berkunjung ke tempat rekreasi. Ini bisa disiasati dengan tidak banyak mengunjungi tempat-tempat tersebut. Paling tidak, pilih beberapa tempat sebagai prioritas. Sementara sisanya bisa mencari tempat rekreasi gratisan. Misalnya pantai yang tidak dipungut biaya, pegunungan dan banyak lagi.

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…