Tips Biar Nggak Cepat Lapar dan Haus Saat Puasa, Nomor 6 Paling Enak

Lapar kerap dijadikan alasan oleh orang untuk tidak berpuasa. Padahal, yang namanya tidak makan dan minum ya wajar lah kalau lapar. Nah, terus gimana dong caranya agar kita tidak cepat lapar dan haus saat menjalankan puasa? Berikut beberapa tips dari tim Genit.id:

1. Sahur dengan Menu Tepat
Agar tidak cepat lapar saat berpuasa, maka pilihlah makanan yang tahan lama di lambung serta menyerap air banyak. Makan buah-buahan, sayur dan karbohidrat yang mengikat air seperti kacang-kacangan mungkin bisa menjadi solusi.

Hindari makanan instan atau cepat saji seperti mie instan. Pasalnya, kandungan yang terdapat di dalam makanan tersebut bukannya mengeyangkan tapi malah menciptakan rasa haus pada tenggorokan.

2. Minum Air yang Cukup
Kandungan tubuh kita sebagaian besar air, karena sangat penting minum agar tidak dehidrasi. Saat puasa asupan air ke tubuh juga harus dijaga. Minimal minumlah satu gelas saat bangun tidur, dan satu gelas usai sahur. Saat berbuka, minum satu gelas, usai sholat magrib satu gelas, usai sholat isya satu gelas, usai taraweh satu satu gelas dan sebelum tidur satu gelas.

Jangan minum teh manis terlalu banyak saat sahur karena akan membuat kalian sering buang air kecil. Sementara kopi saat sahur bisa membuat kalian haus sepanjang hari.

3. Jangan Sahur Terlalu Malam
Sudah menjadi rahasia umum, bajwa sahur di malam hari akan membutuhkan banyak tenaga ekstra. Betapa tidak? Masalahnya lagi pulas-pulasnya tidur, tiba-tiba harus terbangun, terus makan lagi. Siapa yang nggak jet lag? Nasi nggak masuk ke hidung saja bagus.

So, cobalah untuk sahur menjelang waktu imsak, seperti sekitar 30 menit sebelum atau lebih lama. Dengan begitu, asupan makanan yang ada di tubuh kalian bisa tahan lebih lama.

4. Niat
Ibarat pepatah, segala sesuatu harus diawali dari niat, begitu juga puasa. Dengan niat yang kuat karena Allah SWT, insyaAllah tidak makan dan minum seharian perkara ringan.

5. Menyibukan Diri
Rasa lapar cenderung hadir saat kita hanya berdiam diri. Karena itu, perbanyaklah kegiatan saat sedang berpuasa, karena hal itu akan membuat kita lupa akan rasa haus dan lapar. Oiya, tapi kegiatan positif lho!

6. Tidur
Tidurpun menghasilkan pahala, itulah hebatnya puasa di bulan Ramadhan. Nah, buat kamu yang bekerja, agar bisa menghilangkan rasa lapar dan haus, mungkin bisa manfaatkan waktu istirahat siang untuk tidur sejenak di kursi atau musholla. Lumayan kan? Tapi ingat, jangan mentang-mentang tidur dapat pahala, lantas kalian bisa tidur seharian. Kalau tidur saja dapat pahala, apalagi kerja coba?

7. Jangan Tunggu Bedug Magrib
Kenapa jangan tunggu bedug magrib? Ya kalau kita tungguin waktu jadi berjalan lambat, karena setiap detik dan menit selalu kita hitung. Sama saja seperti menungggu bus, padahal hanya 15 menit tapi karena kita terus menghitungnya maka terasa hampir setahun. Apalagi kalau di saat yang bersamaan kita sedang terburu-buru.

Hey there!

Close
of

Processing files…