Inktober: Asah Skill Gambar di Bulan Oktober, Yuk!

Sudah pernah dengar soal Inktober? Buat kamu yang suka menggambar atau memang terjun di industri kreatif, Inktober bukan istilah yang asing lagi. Inktober merupakan gabungan dari kata ink yang berarti tinta dan Oktober. Gabungan kedua kata ini digunakan untuk merayakan bulan Oktober sebagai momentum menggambar setiap hari.

Tradisi Inktober dimulai sejak tahun 2009, oleh seniman yang biasa dipanggil Mr. Jake Parker. Awalnya, ia menggunakan situs resminya untuk menyebarkan kebiasaan Inktober. Ia ingin menantang dirinya untuk meningkatkan kemampuan inking (menggambar menggunakan tinta) dan membangun kebiasaan menggambar yang positif.

Dari tahun ke tahun, Inktober menarik perhatian para penyuka gambar. Seniman komik dan ilustrator pun banyak yang terlibat dalam ajang ini. Wajar saja, konsep Inktoberini cukup simpel dan bisa diikuti dengan cara yang mudah. Kamu hanya perlu mengikuti aturan kecil untuk ‘bermain’ dalam ajang Inktober ini.

Intinya, kamu harus menggambar setiap hari sepanjang bulan Oktober. Lewat situs Inktober,kamu bisa melihat tema yang sudah disediakan untuk kamu gambar setiap harinya. Namun, kamu sangat diperbolehkan bereksplorasi untuk membuat tema sendiri. Enggak ada aturan yang benar-benar baku, asyik kan?

Inktober di Indonesia

Di media sosial sendiri, Inktober menjadi salah satu tagar yang cukup populer digunakan. Tagar #inktober di Instagram saja mewakili 12.251.159 pos, sedangkan #inktober2018 sendiri mencapai 4.471.801 pos. Bayangkan, betapa banyaknya warga dunia yang merayakan momentum ini!

Warga Indonesia juga enggak mau terlewat untuk terlibat dalam momentum ini. Inktober jadi salah satu hal yang turut meramaikan jagat Instagram Indonesia. Selain pemakaian tagar #inktober, kita juga bakal menemukan akun yang khusus mewadahi kegiatan ini di Indonesia: @inktober.id.

Setiap tahunnya, akun ini menyajikan daftar tema Inktober yang dijadikan acuan menggambar selama sebulan penuh. Untuk tahun 2018, akun satu ini menggunakan tagar #inktoberindonesia2018 dan menawarkan 31 tema gambar yang berbeda setiap harinya.

Usut punya usut, ternyata akun @Inktober.id ini sudah dibuat sejak tahun 2015 oleh Kevin. Tujuan Kevin sebagai pendiri cukup simpel, ia ingin membuat wadah untuk para artist yang ingin menyalurkan hasil karyanya. “Selain itu, tujuannya untuk melatih ketrampilan partisipan dalam menggambar, membentuk kebiasaan positif untuk selalu berkarya, mendapatkan exposure di bidang seni rupa dan memajukan industri illustrasi di Indonesia dengan menarik lebih banyak partisipan,” tutur Kevin saat diwawancarai tim Genit.Id.

Hingga kini, Kevin membangun akun yang kini memiliki lebih dari 20 ribu pengikut ini seorang diri. Ia melihat, Indonesia belum memiliki wadah media sosial yang menampung karya pembuatnya. Selama mengikuti Inktober, Kevin mengaku mendapat banyak kenalan teman ilustrator. “Untuk awal-awalnya emang agak susah sih dimulai dikarenakan masih banyak yang belum educated tentang event inktober ini. Strateginya saya selalu berusaha mencari sponsor agar dapat menarik lebih banyak peserta dan memotivasi peserta untuk menghasilkan karya selama 31 hari penuh,” ujar Kevin.

Meski awalnya sulit, kini animo partisipan sudah mulai meningkat. Strategi yang Kevin jalankan ternyata cukup ampuh. Setiap tahun, jumlah karya peserta Inktober meningkat drastis. Tahun pertama Kevin mengurus akun @inktober.id, karya Inktober di Indonesia mencapai angka 10 ribu dan naik mencapai 30 ribu.

Meski demikian, bagi Kevin angka tersebut masih dibilang minim untuk skala internasional. Ia mengatakan, “Karya yang masuk sebenarnya masih tergolong kecil kalau dibandingkan dengan event skala internasional dimana di hari ke empat saja sudah masuk sejuta karya. Ini yang menjadi tantangan dari kita untuk lebih mengenalkan ajang Inktober kepada masyarakat di Indonesia”.

Ikutan Inktober di detik-detik terakhir

Ngerasa telat buat ikut Inktober? Enggak ada kata terlambat! Di penghujung bulan Oktober ini, kamu masih bisa ikut melibatkan diri buat ajang Inktober. Genit.id bakal ngasih hadiah spesial buat kamu yang ikutan gelaran Inktober dengan syarat yang sudah ditentukan. Hadiahnya diberikan setiap hari, lho. Simak info selengkapnya lewat poster di bawah ini, guys!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…