Comparison is the thief of joy – Tech Blog by Cakdan

 

“Comparison is the thief of joy” kata Casey Neistat di videonya. Dia mengutip Joe Rogan yang sedang memawancara Elon Musk. Ternyata Joe Rogan juga mengutip Presiden Amerika ke-26: Theodore Roosevelt.

“Perbandingan adalah pencuri dari perasaan sukacita”, kata Casey, jadi sangat relevan di era sosial media seperti sekarang.

Misalnya di Instagram. Ada keluarga muda yang istrinya cantik, suaminya ganteng, anak-anaknya pinter-pinter. Masih muda-muda, tapi karirnya sukses, bisnisnya banyak. Seolah hampir nggak ada celanya.

Padahal kata Casey lagi, yang ditampilkan di sosial media ya memang yang bagus-bagus saja. Yang sudah dipilah-pilah dan disortir, dipoles, dan dilebih-lebihkan. Nggak ada yang tahu aslinya seperti apa dan mungkin juga orang nggak tertarik melihat posting yang mengeluh-mengeluh.

Lalu, Joe Rogan membalas Elon Musk dengan kalimat ini: happiness equals reality minus expectation (kebahagiaan = kenyataan – harapan). Artinya kira-kira kemungkinan untuk bahagia lebih tinggi jika harapan dijaga agar tetap rendah.

Lho, bukannya kalau bekerja keras mengejar harapan tinggi dan bisa mencapainya orang jadi bahagia? Itu bukan kebahagiaan namanya. Itu kepuasan.

Jadi, mungkin kesimpulannya kata Casey, kalo mau bahagia di era sosial media seperti sekarang, berhenti ngebanding-bandingin sama orang lain, selalu bersyukur, jangan kebanyakan mau dan juga kebanyakan gaya ???

Selamat hari Jumat!

Sumber : cakdan.com>

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…