Wah Banget! Teknologi Canggih Ini Bakal Ada di Piala Dunia 2018

Bola… Bola… Bola… Kayanya kata itu bakal ramai banget jadi bahan omongan semua orang di semua tempat. Nggak heran sih, momen Piala Dunia memang selalu jadi momen yang ditunggu-tunggu oleh para pecintanya di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Kamu juga jangan mau ketinggalan dong buat ikutan memeriahkan ajang terbesar dunia ini. Piala Dunia ke-21 ini digelar di Negara Beruang Merah alias Rusia. Demi ajang terbesar Piala Dunia 2018 ini, nggak heran kalau persiapan yang dilakukan pun penuh totalitas.

Tahu nggak sih, setiap hal yang bakal dipakai di acara ini dibuat dengan teknologi khusus. Mau tahu kan teknologi keren apa saja sampai semegah apa arena lapangan yang bakal digunakan?

 

 Teknologi Video Asisten Wasit – Video Assistant Referees (VAR)

Di setiap pertandingan sepakbola, bakal ada wasit yang biasanya memutuskan semua hal di lapangan. Misalnya saja gol, penalti, kena kartu merah atau kuning. Nah, penggunaan teknologi video assisten wasit alias video assistant referees (VAR) ini bakal membantu kinerja wasit banget.

Awalnya, penggunaan VAR ini sudah disetujui oleh Internasional International Football Association Board (IFAB) dan The Fédération Internationale de Football Association  (FIFA), sejak rapat umum tahunan ke-132, yang berlangsung di markas besar FIFA, Zurich, 3 Maret 2018 lalu.

Teknologi video asisten wasit/video assistant referees (VAR) intinya nanti dalam pertandingan sepakbola bakal meninjau empat peristiwa penting yang akan menjadi bahan pertimbangan keputusan wasit di lapangan. Empat hal tersebut antara lain kejadian gol, keputusan penalti, keputusan kartu merah dan kesalahan identitas.

Cara kerjanya, wasit akan menerima laporan berupa suara yang diteruskan lewat earphone dari tim asisten peninjau video di tribun stadion yang melihat detail kejadian dalam tayangan ulang. Sehingga, dalam beberapa sepersekian menit atau bahkan dalam beberapa detik, wasit akan mampu langsung memutuskan apakah kejadian tersebut menjadi gol atau tidak (misalnya), kartu merah atau tidak, sampai kepada keputusan penalti atau tidak.

Keren, kan? Nggak akan ada lagi tuh kesalahan keputusan atau gol yang dibatalkan. Tujuannya biar pertandingan berjalan dengan adil.

 

Telstar 18

Namanya olahraga sepak bola, tentu saja bola yang bakal dipakai untuk semua pertandingan Piala Dunia 2018 ini dibuat dengan teknologi khusus. Apalagi, bola jadi kuncian setiap permainan. Nah, bola untuk Piala Dunia 2018 ini namanya Telstar 18. Bola resmi Piala Dunia 2018 ini dibuat oleh pihak FIFA bekerja sama dengan Adidas. Pastinya keren, dong!

Buat bahan obrolan kamu sambil nanti nobar nih ya, produk ini itu reka ulang dari bola yang dipakai pada Piala Dunia 1970 di Meksiko. Warnanya dibuat hitam putih. Katanya dibuat sesuai dengan warna yang ada di televisi ketika itu, hitam dan putih. Telstar sendiri merupakan singkatan dari ‘television star’.

Mau tahu hal apa lagi yang bikin bola ini keren? Telstar 18 sudah dipasangin chip NFC atau near field communication. Jadi, dari chip yang dipasang di ujung atas bola, di bawah logo Wi-FI itu bisa bertukar data.

 

Apparel Peserta Piala Dunia 2018

Bahas mengenai apparel alias semua atribut mulai dari jersey sampai sepatu juga tidak sembarangan. Brand besar seperti Adidas dan Nike mendominasi apparel jersey di Piala Dunia 2018.

Kita bahas mengenai Adidas dulu nih ya. Soalnya, tahun ini di Rusia nanti, Adidas masih menjadi sponsor utama FIFA untuk bola resmi dan juga seragam wasit. Mereka juga akan diwakili oleh 12 negara kontestan. Mereka sudah menyiapkan sepatu dengan teknologi Ultraboost. Teknologi Ultraboost sendiri memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan bahan bantalan biasa, seperti memiliki performa daya reaksi bantalan yang baik, tak mudah mengeras pada suhu rendah dan diklaim tak akan mengalami pemadatan seiring dengan usia pemakaian.

Selain Adidas, ada juga Nike yang sudah megang 10 negara dan inovasi teknologi sepatu mereka Nike React. Merk apparel lain seperti Puma diwakili 4 negara, New Balance punya 2 negara, serta Umbro, Errea, Hummel dan Uhlsport dengan masing-masing satu kontestan.

 

Final Arena

Buat fans Manchester United dan Chelsea, pasti sudah akrab banget nih dengan nama stadion ini. Stadion Luzhniki ini pernah jadi tuan rumah untuk partai final Liga Champions 2008 yang mempertemukan kedua klub.

Untuk penyelenggaraan pertandingan Piala Dunia 2018 ini, Rusia enyiapkan 12 stadion yang berlokasi di 11 kota: Moscow, Saint Petersburg, Sochi, Kazan, Kaliningrad, Nizhny Novgorod, Rostov-on-Don, Samara, Saransk. Volgograd, dan Yaketinburg. Untuk acara pembukaan, penutupan, dan semifinal pertama Piala Dunia 2018 sendiri akan diselenggarakan di Stadion Luzhniki, Moscow, dengan kapasitas 81.000 kursi penonton. Sedangkan untuk pertandangan semifinal lainnya serta pertandingan perebutan juara ketiga akan berlangsung di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg.

Mau baca sejarahnya, kan? Stadion Luzhniki yang berlokasi di seberang Sungai Moskva, Hills Sparrow, ini punya banyak kemiripan dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno, lho. Keduanya punya sejarah yang sama dan dibangun dalam waktu yang berdekatan. Stadion Utama Gelora Bung Karno setelesai dibangun 1962 dan Stadion Luzhniki selesai pada 1956.

Demi Piala Dunia 2018, Stadion Luzhniki menerapkan Teknologi Aerotion System. Teknologi SISAIR ini adalah teknologi yang memungkinkan sepakbola untuk dimainkan di atas lapangan berumput sintetis, yang 95 persen rumput alam dan diperkuat dengan plastik. Bakal makin asyik nih para jagoan kamu untuk menggocek dan memainkan bolanya.

Well, siapa tim jagoanmu? Tetap jaga kesehatan ya kalau mau bedagang dan nobar demi lihat semua jagoanmu bertanding. Kalau kamu tahu apalagi keseruan lainnya mengenai Piala Dunia, tulis saja di komen di bawah. Atau kalau kamu penasaran dengan hal-hal lainnya mengenai keseruan Piala Dunia 2018 ini, buruan kasih tahu kita!

(Sumber foto: Fauzan Saari on Unsplash)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…