Punya TV Bekas? Yuk Daur Ulang Jadi Aquarium, Begini Caranya !

Bentuk dan rupa televise (TV) yang semakin modern. membuat TV tabung ditinggalkan. Nah, kalau kalian masih punya TV model tabung dan rusak, alias engga bisa digunakan lagi, ada baiknya jangan dibuang.Karena, TV model tabung masih bisa banget dimanfaatin sebagai aquarium untuk ikan hias yang dipajang di kamar atau ruang keluarga.

Jadi, daripada beli aquarium dengan bentuk yang gitu-gitu aja, mending dimanfaatin yuk TV tabung bekasnya sebagai wadah aquarium.

Penasaran gimana sih caranya? Berikut tips tutorial Do It Yourself (DIY). Simak ya !

Persiapan Alat

Sebelum memulai DIY ini, selain TV tabung yang siap dirombak, sejumlah perkakas lain juga wajib dipersiapkan. Seperti obeng, gunting, gergaji, dan juga lem perekat kaca.

Bongkar Komponen TV

Setelah semua alt siap, langkah selanjutnya adalah membedah isi dari dalam tubuh TV tersebut. Jadi yang dibutuhkan adalah mengosongkan seluruh kabel dan juga komponen lain, hingga hanya tersisa tabung kaca dan tabung TV penutup.

Hal yang perlu diperhatikan adalah, deretan tombol yang tersedia di badan TV usahakan tidak ikut dibongkar. Nantinya, tombol-tombol tersebut bias dialihfungsi sebagai komponen penunjang aquarium, seperti lampu dan filter udara.

Pengukuran TV

Usai tubuh TV bersih dari seluruh kabel dan seluruh komponen lain, langkah berikutnya adalah melakukan pengukuran volume TV itu sendiri. Hal ini dibutuhkan agar mengetahui berapa ukuran kaca aquarium yang akan dimasukkan ke dalam TV tersebut. Biasanya ukuran kaca disesuaikan dengan bentuk TV tersebut. Jadi, jangan sampai ukurannya melebihi bentuk TV ya !

Percantik Tampilan TV

Saat kaca aquarium sudah terpasang baik di dalam badan TV tersebut. Langkah berikutnya adalah memasukkan ornamen yang biasa dipajang di dalam aquarium, seperti batu kerikil, tanah, rumput, dan  terumbu, sebagai tempat bermain ikan.

Tidak lupa juga unutk menempatkan cahaya dan filter udara agar kondisi air selalu terjaga kesegarannya bagi sang ikan.

Tutup Casing TV

Berhubung TV digunakan adalah bentuk tabung, tentunya tabung tersebut harus kembali dipasangkan ke dalam rangka TV yang sebelumnya dibongkar. Pastikan pemasangan dalam kondisi benar, agar tampilan aquarium hasil daur ulang TV bekas ini semakin terlihat cantik.

Bagaimana? Mudahkan cara membuatnya? Selamat mencoba !

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…