Menu Sahur Hemat, Praktis dan Bergizi ala Anak Kosan

Kalau lagi bulan puasa, saat-saat yang agak malesin itu biasanya saat sahur. Kalau anak rumahan sih sahur tinggal bangun dan duduk manis di meja makan. Beda dengan anak kosan yang harus effort dulu untuk bisa makan sahur. Pasti malas rasanya kalau baru bangun dini hari dan harus mencari makan keluar untuk sahur. Mau gak mau sebaiknya harus masak sendiri di kosan. Kalau dihitung-hitung, memasak sendiri sangat membantumu untuk berhemat. Bayangkan dengan uang Rp 50.000,- kamu bisa belanja beberapa bahan makanan yang bisa dipakai selama beberapa hari. Padahal uang segitu bisa habis dalam sehari kalau kamu terus membeli makanan siap saji.

Tapi kalau masak sendiri nanti masaknya kelamaan keburu imsak. Terus pasti yang dimasak makanan yang gak bergizi, paling goreng nugget, goreng sosis atau masak mie instant. Kalau dalam sebulan cuman bisa masak begituan doang bisa bahaya juga buat kesehatan.

Nah ini dia guys, ada beberapa menu masakan yang dapat kamu bikin karena bahannya mudah didapat, proses masaknya tidak terlalu lama sehingga dapat menghemat waktumu juga saat akan sahur dan bergizi pula.

  • Ayam goreng bumbu racik
https://www.taste.com.au/recipes/malaysian-fried-chicken-ayam-goreng/2af52a66-b59b-44e8-a704-b862d2230d5e

Biasanya warung-warung kecil juga banyak yang menjual ayam sehingga kamu tidak perlu repot-repot ke pasar. Atau kamu juga bisa pergi ke supermarket. Selain banyak pilihan, di supermarket juga tempatnya bersih.

Tidak perlu repot mengungkep ayam dengan lama dan bumbu yang ribet seperti yang biasanya dilakukan ibu dirumah. Kamu cukup membeli bumbu racik untuk ayam goreng di warung atau supermarket. Hanya dengan merebus ayam dan masukan bumbu ke rebusan tersebut lalu tunggu ayam sampai airnya akan habis. Dengan begitu bumbu akan meresap ke dalam ayam. Lalu tinggal goreng deh ayamnya. Disarankan mengungkep ayamnya tidak saat akan sahur. Mungkin dapat kamu lakukan saat malam hari setelah berbuka puasa karena lebih banyak waktu.

  • Tumis brokoli dan sosis
http://www.themostlyvegan.com/spicy-broccoli-salad-with-peanut-sauce/

Tidak disangkal lagi kalau brokoli sangat mudah didapatkan di warung dan harganya tidak terlalu mahal. Jika kamu tidak suka dengan rasa brokoli yang seperti itu, kamu dapat menambahkan sosis di dalam tumisan. Biasanya anak kos beli bahan cepat sajii seperti sosis atau nugget pada awal bulan saat belanja bulanan untuk mengikis biaya pengeluaran.

Hanya dengan menumis bawang merah, bawang putih, cabai sesuai selera, lalu masukan brokoli yang sudah dibersihkan ke dalam tumisan dan beri air sedikit agar brokoli tidak terlalu masih mentah. Lalu tambahkan sosis, tambahkan bumbu saus tiram, garam dan gula sesuai selera.

  • Sawi rebus, sambal dan ikan goreng
https://www.bonappetit.com/recipe/fried-whole-fish-with-tomatillo-sauce

Hanya dengan merebus sayur adalah hal yang paling cepat dan mudah untuk dilakukan. Hal ini dapat mempersingkat waktumu saat memasak. Jika terlalu hambar, kamu dapat membuat sambal kreasimu yang dapat meningkatkan nafsu makan dan melek saat sahur.

Dan untuk lauk pauk yang sederhana juga, kamu bisa mendampingkannya dengan ikan goreng. Kalau bisa sih lebih baik ikan yang berasal dari laut ya guys karena kandungan gizinya lebih tinggi.

  • Tumis buncis dan udang
http://www.eatingwell.com/recipe/251778/paprika-shrimp-green-bean-saute/

Hemat sih hemat tapi bolehlah sekali-kali membeli lauk enak seperti udang untuk menyenangkan perut. Dengan memasak buncis dan udang kamu sudah memenuhi kebutuhan sayur dan lauk paukmu dan otomatis menghemat waktu. Pengerjaan tumis bunci dan udang ini juga tidak memakan waktu yang banyak sama seperti tumis brokoli dan sosis.

  • Tumis tauge dan tahu

Satu lagi menu makanan murah dan bergizi yang dapat kamu buat adalah sayur tauge dengan tahu. Pengerjaannya juga sama seperti masakan tumis pada umumnya. Hanya dengan membeli tauge Rp 5000,- di warung kamu sudah bisa memasak tauge untuk beberapa kali. Dan juga dicampur dengan tahu yang harganya tentunya murah juga.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…