Ini Dia Sosok di Balik Pernak-Pernik Gemesin Ideku Handmade

Kreativitas sama sekali engga mengenal usia. Sejak kecil sekalipun, sosok yang satu ini sudah mulai suka membuat pernak-pernik sendiri, bahkan berhasil menjualnya saat ia masih di sekolah. Ketertarikannya membuat pernak-pernik ternyata berlangsung cukup lama. Kini, sosok bernama Martha Puri Natasande ini sukses berbisnis pernak-pernik handmade di bawah brand bernama Ideku Handmade. Siapa sih sebenarnya Matha ini?

Penyuka kerajinan tangan kelahiran tahun 1985 ini dikenal baik dengan nama Ideku Handmade. Untuk yang belum familiar, Ideku Handmade merupakan brand yang dibuat Martha untuk mewakili produk-produk buatan tangan yang ia produksi. Produk yang ia tawarkan dari brand ini cukup beragam. Kamu yang menyukai pernak-pernik bermotif manis bakal jatuh hati dengan berbagai produk dari Ideku Handmade.

Berawal dari pajangan dan pembuatan cushion mini, kini Martha mengembangkan Ideku Handmade lebih besar lagi. Produk yang ia jual lebih variatif dibandingkan awal bisnis ini ia jalankan. Kini, kamu bisa memesan aneka souvenir pernikahan, goodie bag dan cushion lucu. Kamu juga bisa mendapatkan barang yang lebih personal seperti tas, pouch, scarf, juga dekorasi dinding.

Sejak dulu, Martha cukup konsisten membuat pernak-pernik buatan tangan. Ia pun cukup peka untuk menjadikan hobinya ini sebagai lahan bisnis. Dengan modal senilai Rp500 ribu, Martha memulai usahanya secara serius atas saran dari sepupunya. Ia disarankan untuk menjual hasil karyanya melalui situs Multiply.Produk pertamanya cukup sederhana, Martha menjual bingkai kayu yang ditambahi pernak-pernik dari kain.

Setelah cukup sukses dengan produk pertama, ia melanjutkan usaha dengan modal tambahan dari sang ayah. Untuk pengelolaan hasil penjualan, Martha merekrut ibunya menjadi manajer keuangan. Bisnis pernak-pernik buatan Martha pun terus berkembang. Pada tahun 2010, ia meninggalkan pekerjaan tetapnya sebagai desainer grafis di stasiun televisi, untuk fokus dengan bisnis yang digelutinya.

Sejak ia berfokus mengurus Ideku Handmade, usahanya terus berkembang dan kian sukses. Dengan bantuan media sosial, Martha mempromosikan produk-produk dari Ideku Handmade. Saat ini, Martha mempekerjakan tujuh orang karyawan untuk menjalankan bisnisnya. Ia juga turut melibatkan tetangganya untuk membantu menjahit, membuat pola ataupun mewarnai kain.

Saat ini, Martha fokus memproduksi pernak-pernik buatan tangan bersama Ideku Handmade. Meski bisnisnya kian berkembang, Martha tetap memertahankan sentuhan handmade untuk produk-produknya. Untuk mendukung bisnis ini, Martha membuat kanal Youtube dengan nama yang sama. Ia juga menjadi pengisi acara kreatif di sebuah televisi swasta, plus membagikan ilmunya lewat kelas-kelas keranjinan tangan.

(Sumber: tempo.co& cleo.co.id)

(Foto utama: idekuhandmade.blogspot.com)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…