Young Woman Shopping On Laptop In Her Room

5 Alasan Kenapa Belanja Online Itu Menyenangkan!

Genit.id, Jakarta – Meningkatnya penggunaan internet – sebagai dampak dari semakin banyaknya orang yang memiliki smartphone – secara tidak langsung ikut mengubah kebiasaan masyarakat dalam bertransaksi. Jika sebelumnya proses jual beli biasa dilakukan secara langsung – dalam hal ini melalui suatu tempat yang disebut pasar dan pusat pertokoan – kini proses itu mulai beralih ke dunia maya. Internet yang pada awalnya hanya digunakan untuk berbagi informasi dan menjalin hubungan pertemanan pun kini telah menjadi sarana perdagangan, yang memungkinkan kita untuk tak hanya belanja pakaian dan makanan, tetapi juga keperluan rumah tangga dan lainnya. Singkat kata, praktis deh.

Nah, kalian tentu masih ingat bagaimana hiruk pikuk pusat perbelanjaan ketika mendekati Ramadhan dan Idul Fitri, bukan? Kalau bisa beli makanan atau pakaian dari jauh-jauh hari, tanpa peduli kadaluarsa atau yang lainnya, kalian mungkin akan memilih untuk membelinya dua atau tiga bulan sebelumnya, daripada harus dihadapkan pada antrian yang mengular. Hanya untuk membayar.

Tapi, kini semua berubah. Tak perlu lagi yang namanya susah-susah datang dan antri di toko, dengan bermodalkan gadget, ditambah sedikit kelihaian jari jemari, entah itu di atas smartphone, tablet ataupun laptop, kalian sudah bisa mendapatkan apa yang kalian inginkan. Tanpa perlu keluar rumah, tanpa perlu beranjak dari tempat tidur. Tanpa perlu keluar ongkos. Enak kan?

Sebenarnya, masih banyak lagi keuntungan yang bisa kalian dapat saat berbelanja online. Mau tahu apa saja? Ini dia…..

1. Tidak terikat tempat dan waktu

Artinya, tidak peduli di mana pun kalian berada, entah itu di rumah, di kantor, atau bahkan di jalan sekalipun, kalian tetap bisa belanja. Tanpa harus datang ke toko atau pusat perbelanjaan. Pendek kata, belanja online memberi kalian hak istimewa untuk berbelanja kapanpun kalian mau. Toko-toko yang ada di dalamnya pun tidak pernah tutup, mau pagi, mau siang, malam, bahkan tengah malam. Lain halnya dengan toko fisik.

2. Hemat Waktu dan Tenaga

Belanja online memungkinkan kalian mengunjungi banyak toko sekaligus dalam satu waktu, sementara pantat tidak beranjak dari posisinya. Yang perlu kalian lakukan cuma menyisihkan waktu sebentar, menghubungkan laptop atau smartphone dengan internet, lalu belanja. Tidak perlu repot-repot membawa banyak uang di tas, apalagi memilah-milah baju yang akan dipakai ke Mal. Pokoknya, sambil tiduran saja bisa. Oh, kalian juga tidak perlu berurusan dengan kemacetan jalan raya.

3. Barang Lebih Bervariasi

Ada begitu banyak toko atau pusat perbelanjaan di luar sana, namun tidak semua produk selalu tersedia di toko yang sama. Beberapa bahkan hanya menjual produk terbatas. Nah, belanja online lain ceritanya, selain bisa menemukan banyak produk yang tidak bisa ditemukan di toko, belanja online juga memungkinkan kalian membandingkan harga antara satu toko dengan toko lainnya, sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.

4. Banyak Diskon

Sudah menjadi rahasia umum bahwa harga di toko online jauh lebih rendah dibandingkan dengan toko fisik. Alasannya sederhana, jualan di internet tidak dikenakan pajak bangunan seperti halnya jualan di toko fisik. Selain itu, semakin banyaknya bisnis online yang bermunculan juga membuat harga lebih bervariasi. Akibatnya para pemilik bisnis online mengurangi margin keuntungan demi mendapatkan banyak pelanggan. Belum lagi kalau ada hari-hari besar, berbelanja di toko online biasanya jauh lebih menguntungkan.

5. Praktis

Belanja di toko fisik memang tidak sulit, tapi antrian yang harus kalian lalui di kasir tak jarang membuat proses ini berjalam lama. Akhirnya, jadi tidak praktis. Lain halnya dengan kita belanja secara online, bukan cuma proses belanjanya saja yang mudah – cukup pesan barang dan bayar, proses pembayaran pun biasanya dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari COD, internet/mobile banking, ATM, kartu kredit dan sebagainya. Situs jual beli online Lazada bahkan telah menambah panjang alternatif pembayarannya dengan e-wallet DOKU. Lengkap dengan beragam promo menarik didalamnya.

Kalau kalian tahu PayPal, Doku e-wallet ya kira-kira seperti itu. Ini semacam alat pembayaran non tunai yang cara pembayarannya dilakukan secara online. Jadi ya memang jangan berharap bisa melihat bentuk fisiknya, karena itu tidak ada. Ketika mau melakukan transaksi pembayaran, pemilik akun tinggal mengakses aplikasi DOKU e-wallet yang ada di smartphone, dan bayar.

Sepintas, alat pembayaran ini mirip kartu kredit, namun lebih lengkap. Tidak seperti kartu kredit, e-wallet DOKU bisa digunakan untuk menyimpan uang dalam bentuk uang elektronik, yang bisa ditambah atau digunakan untuk bertransaksi. Pemilik e-wallet ini juga tidak perlu membayar tagihan bank karena e-wallet DOKU hampir sama dengan kartu ATM yang menyimpan tabungan. Bedanya, e-wallet DOKU bisa dimiliki oleh semua orang, bahkan yang tidak memiliki rekening di bank sekalipun. Yang perlu dilakukan cukup registrasi, top up, belanja deh.

Hey there!

Close
of

Processing files…