Mengenal Gunung Telomoyo: Mendaki Bisa Naik Motor

 

Berlibur ke Semarang, Salatiga, atau Magelang belum lengkap tanpa mencicipi sensasi mendaki ke Gunung Telomoyo. Gunung api berbentuk strato (kerucut) yang belum pernah tercatat meletus ini berada di wilayah Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Kenapa sih harus mendaki ke Gunung Telomoyo? Apa sih bedanya dengan mendaki gunung pada umumnya?

Bisa Mendaki Menggunakan Kendaraan Bermotor

Jika biasanya mendaki gunung harus menempuh jalur terjal dengan berjalan kaki, mendaki Gunung Telomoyo tidak hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki tetapi juga menggunakan kendaraan bermotor. Nah, umumnya kendaraan yang dipakai pengunjung untuk mendaki gunung setinggi 1.894 meter di atas permukaan laut ini adalah motor.

Meskipun masih terbilang terjal, jalur menuju ke puncak Gunung Telomoyo merupakan jalan beraspal. Tetapi, jalur yang tersedia cukup sempit dengan pemandangan kiri dan kanan merupakan hutan serta jurang curam.

Puncaknya Ditandai Adanya Tower Radio dan Pembangkit Listrik

Puncak Gunung Telomoyo ditandai dengan adanya menara penerus sinyal radio dan tower pembangkit listrik milik PLN. Dari puncak inilah pula terhampar pemandangan indahnya Rawa Pening yang berkilauan terkena sinar matahari. Selain itu, nampak pula desa sekitar yang berada tepat di kaki Gunung Telomoyo, ditemani kabut tipis dengan udara yang sejuk cenderung dingin saat menjelang sore.

Landasan Gantole Sebagai Spot Foto Legendaris

Hal yang juga membuat Gunung Telomoyo sangat populer di kalangan pecinta selfie adalah adanya dua landasan gantole yang berada tidak jauh dari puncaknya. Pengunjung selalu memadati kedua tempat ini demi mengabadikan foto Instagramable seolah berada di negeri di atas awan. Tidak sedikit juga pengunjung yang memutuskan untuk camping di sekitar landasan gantole demi mengabadikan keindahan sunrise atau sunset.

Pada musim tertentu, jika beruntung pengunjung bisa melihat langsung para atlet paralayang sedang beraksi dan memenuhi landasan gantole yang ada di Gunung Telomoyo ini.

Air Terjun di Jalur Pendakian Gunung Telomoyo

Dalam perjalanan menuju ke puncak, tidak jauh dari tempat pembelian tiket, pengunjung akan disuguhi dengan air terjun kecil. Air terjun ini berada tepat di pinggir jalan yang menjadi jalur pendakian Gunung Telomoyo. Sesekali debit airnya cenderung kecil, tetapi di lain waktu debit air di air terjun kecil ini juga cukup deras.

Khas mata air gunung, air yang mengalir di air terjun ini sangat jernih dan terasa sejuk. Tidak sedikit juga pengunjung yang rela menghabiskan waktu mengabadikan keunikannya, baik sebelum maupun setelah sampai di puncak Gunung Telomoyo.

Wah setuju kan kalau Gunung Telomoyo ini memang layak dikunjungi saat sedang berlibur ke Semarang atau Magelang? Apalagi tiket masuk untuk memasuki tempat wisata ini juga sangat terjangkau, yakni Rp 5.000/pengunjung.

Tertarik untuk mencicipi rasanya mendaki menggunakan motor ke Gunung Telomoyo?

Image: instagram.com/nitamata

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…