Kena Tipu Bukan Cuma Masalah Pintar atau Bodoh, Pendiri Apple aja Pernah Ngerasain

Sudah menjadi rahasia umum jika salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak telah menyatakan ketertarikannya terhadap Bitcoin. Namun tak banyak yang tahu bahwa seorang Wozniak pun pernah ditipu hingga harus kehilangan uang miliaran rupiah.

Ini terungkap kala ia menjadi narasumber soal mata uang digital di acara Global Business Summit belum lama ini. Wozniak mengakui bahwa dirinya pernah ditipu oleh seseorang yang menyebabkan tujuh Bitcoin-nya hilang.

Itu terjadi ketika dirinya menjual sejumlah Bitcoin kepada seseorang secara online dengan menggunakan kartu kredit. Namun pembeli malah membatalkan pembayaran setelah transaksi transfer Bitcoin selesai. Ironisnya, kartu kredit yang digunakan sang penipu ternyata kartu kredit curian.

“Saya memiliki tujuh Bitcoin yang hilang karena penipuan. Seseorang membelinya dari saya secara online melalui kartu kredit, dan mereka membatalkan pembayaran kartu kredit itu,” jelasnya, seperti dikutip dari Business Insider.

“Semudah itu dan itu adalah kartu kredit curian, jadi Kamu tidak akan pernah bisa mendapatkannya kembali,” sambungnya.

Jika dikalkulasi, tujuh Bitcoi yang raib dari tangan Wozniak berharga USD 74 ribu atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 1,02 miliar.

Ia pun mengingatkan kepada para “pemain Bitcoin” untuk waspada terhadap penipuan meski sejatinya, identitas pemilik Bitcoin bisa diidentifikasi oleh Blockchain, teknologi inti dari mata uang digital seperti Bitcoin.

“Blockchain mengidentifikasi siapa yang memiliki Bitcoin. Tapi itu tidak berarti tidak akan ada kecurangan,” katanya.

Wozniak sendiri dilaporkan telah menjual sebagian besar Bitcoin miliknya. Ia menjelaskan bahwa dirinya hanya menyisakan satu Bitcoin saja untuk tujuan tertentu.

“Saya tidak ingin memantau harga setiap hari. Saya telah menjual semuanya kecuali satu, itu sudah cukup untuk berekspreimen,” pungkas Wozniak. (FHP/IF)

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…