3 Cara Jitu Cegah Mati Gaya

Sebutkan setidaknya 3 hal penting yang harus selalu ada di era digital seperti sekarang ini. Satu diantaranya, selain smartphone dan internet, sudah barang tentu adalah listrik. Bukan apa-apa, masalahnya untuk bisa menggunakan smartphone dan internet pun adakalanya kita harus bergantung pada listrik, belum lagi kegiatan lain seperti mengoperasikan komputer atau peralatan berbasis mesin lainnya. Pokoknya, ibarat sayur tanpa garam, hidup tanpa listrik rasanya hambar. Apalagi buat kita yang terbiasa hidup di kota besar dengan rutinitas yang kesemuanya hampir selalu membutuhkan listrik untuk bisa berjalan. Nggak mati lantaran bosan juga udah bagus.

Yah, meskipun hidup di kota metropolitan juga nggak mutlak terbebas dari ketiadaan listrik. Yang namanya mati lampu bisa terjadi dimanapun dan kapanpun. Dan biasanya penyebabnya hampir pasti, mati atas kehendak PLN sebagai pemilik listrik di negeri ini atau kelalaian diri sendiri. Entah belum bayar tagihan atau lupa isi pulsa (listrik).

Kalau masalahnya yang nomor 1 (kemauan PLN), yang bisa kita lakukan mungkin cuma pasrah dan berdoa, meski ada beberapa juga yang sibuk memaki. Tapi kalau itu karena alasan kedua, hmm… harusnya sih selalu ada solusi.

1. Cari warung atau toko pulsa

Kamu bisa jalan sedikit keluar rumah untuk menemukan toko-toko yang menjual token (listrik). Selain penjual pulsa (telepon), warung-warung kecil di sekitar pemukiman juga biasanya mulai menjual token liatrik. Nominalnya juga bervariasi, mulai dari yang 20 ribu hingga 100 ribu. Tapi tentu saja, harganya akan sedikit lebih mahal.

2. Melipir ke ATM

Siapa tahu kamu tinggal di daerah yang rumahnya berjauhan dan tak sembarang warung bisa ditemukan, apalagi yang menjual vocer listrik, mendatangi ATM mungkin bisa menjadi opsi. Disini kamu nggak cuma bisa membeli vocer listrik, bahkan membayar tagihan (jika listrik rumah memang menggunakan meteran lama). Tapi ya itu, kamu mungkin akan direpotkan oleh urusan menyiapkan motor atau mobil lantaran jarak tempuh yang tidak pendek. Ya kecuali memang ada niat buat olahraga.

3. Berdayakan smartphone

Ibarat pepatah, dengan adanya smartphone dan internet, maka dunia pun berada dalam genggaman. Nah, apalagi token listrik. Kamu yang ngaku melek teknologi nggak perlu lagi tuh dipusingkan oleh urusan keluar rumah di malam hari cuma sekedar mencari toko pulsa atau ATN untuk membeli vocer listrik. Hari gini bukan cuma melalui m-banking kamu bisa melakukan transaksi, tetapi juga banyak platform lainnya. Salah satunya adalah DOKU e-wallet. Sejak beberapa waktu lalu DOKU terus memperpanjang daftar layanannya, hingga tak lagi sekedar menjadi tempat bagi pengguna untuk membeli jajanan, mengisi pulsa telepon atau berinvestasi, tetapi juga tempat untuk berurusan dengan PLN. Entah itu membayar tagihan listrik ataupun membeli token (listrik), kapanpun dan dimanapun.

Yang perlu kamu lakukan cukup memasukkan ID PLN, pilih nominal pulsa yang diinginkan – entah itu 20 ribu, 100 ribu atau 1 juta, dan bayar. Kamu bukan cuma nggak perlu antri, tetapi juga bebas dari biaya admin, serta tentu saja, bisa membelinya kapanpun, alias 24 jam.

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…