Pengen Liburan Menyenangkan Tapi Bujet Terbatas? 7 Hal Ini Bisa Jadi Solusi

Genit.id, Jakarta – Saat kita merecanakan sebuah perjalanan, banyak hal termasuk masalah pembiayaan, muncul untuk diatasi. Dan itu sudah pasti tidak akan murah. Apalagi jika destinasi wisata yang akan dikunjungi adalah tempat-tempat yang berada nun jauh di sana. Berbagai biaya dan kebutuhan lainnya datang, entah itu untuk membeli tiket, membayar penginapan, jajan, hingga bahkan membuat visa. Semua pengeluaran itu sudah barang tentu akan menguras kantong dalam-dalam. Lalu, bagaimaana jika bujet yang kita anggarkan terbatas?

Well, sebenarnya bukannya tidak mungkin untuk tetap bisa melakukan perjalanan. Pun meski bujet yang kalian miliki terbatas. Pada dasarnya yang perlu kalian lakukan adalah mempersiapkan perjalanan dengan matang dan yang paling penting, dari jauh-jauh hari. Nah, hal-hal berikut adalah beberapa diantaranya yang harus kalian pertimbangkan saat akan menyusun rencana perjalanan dengan bujet terbatas. Dijamin, liburan kalian bakal tetap menyenangkan deh.

1. Pilih Waktu yang Tepat

Hal pertama yang harus kalian pertimbangkan saat akan melakukan perjalanan atau liburan ke luar negeri adalah memilih waktu yang tepat. Pasalnya, hal ini akan berkaitan langsung dengan jumlah biaya yang dibutuhkan untuk perjalanan nantinya. Sangat dianjurkan untuk tidak memilih high season, di mana harga tiket dan penginapan biasanya tengah melambung.

2. Sambangi Negara Bebas Visa

Melakukan perjalanan dengan uang yang terbatas, sama artinya dengan menghindari tempat-tempat tertentu. Salah satunya adalah negara yang mengharuskan kalian memiliki visa untuk bisa memasukinya. Kenapa? Karena biaya untuk visa itu sendiri biasanya tidak murah. Kalian bisa memilih negara-negara yang ada di ASEAN, atau mungkin paling jauh Hong Kong. Pokoknya, usahakan yang bebas visa deh.

3. Pantau Terus Promo Tiket Murah

Sama seperti taksi online, maskapai penerbangan juga tak henti berlomba untuk menggaet penumpang. Karenanya, tak jarang mereka menggelar diskon dan promo tiket murah. Bukan hanya destinasi dalam negeri saja, tapi juga luar negeri. Pada umumnya, tiket promo akan dijual sejak jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan, sehingga harus mempersiapkan jadwal dan juga dana untuk membeli tiket ini sejak awal.

4. Bermalam di Penginapan atau Hotel yang Murah

Selain tiket perjalanan, biaya penginapan juga menjadi salah satu komponen terbesar dalam pengeluaran liburan. Untuk itu, penting untuk mempersiapkan hal ini sejak awal. Sama halnya dengan tiket pesawat, sewa hotel juga akan mengalami peningkatan yang tajam di musim liburan, jadi usahakanlah untuk memesannya sejak jauh-jauh hari.

5. Gunakan Transportasi Publik

Pun meski itu adalah negara yang baru pertama kali kalian kunjungi, upayakan untuk selalu menggunakan alat transportasi publik, seperti kereta, bus, dan yang lainnya. Karenanya, upayakan untuk menghafal dan mencari tahu mengenai jadwal operasi mode transportasi publik tersebut. Ini akan jauh lebih murah ketimbang kalian naik taksi.

6. Hindari Kafe dan Restoran

Jalan-jalan tentu tetap butuh makan, bukan? Untuk menyiasati bujet kalian yang terbatas, bisa dilakukan menghindari makan di kafe atau restoran. Pasalnya harga yang akan kalian bayarkan juga akan cukup mahal.

7. Jangan Pergi ke Banyak Tempat

Saat berkunjung ke beberapa wilayah di negara yang cukup luas, kalian mungkin akan membutuhkan biaya transportasi yang cukup besar. Hindari itu untuk meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan. Jika bisa, pilih berbagai destinasi wisata yang berada di satu wilayah saja.

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…