Berkaca dari Anak Usia 20 Tahunan, Begini Caranya Biar Hidup Lebih Irit

Seberapa sering kamu mengalami kehabisan uang, meskipun baru awal atau pertengahan bulan? Jika sering, maka itu bisa jadi pertanda bahwa kamu harus mulai belajar hidup irit.

Bagi sebagian orang, hidup dengan cara ini memang tidak mudah. Namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Ada banyak cara kok yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan gaya hidup irit, berikut ini beberapa diantaranya, yang terinspirasi dari gaya hidup anak 20 tahunan. Mau tahu apa saja? Yuk, disimak!

1. Hidup ala mahasiswa

Kamu baru lulus dari kuliah dan baru dapat pekerjaan? Atau sudah lama bekerja? Baik kedua-duanya, sebisa mungkin pertahankanlah gaya hidup ala mahasiswa. Apalagi yang tinggal di kos-kosan. Mulai dari jajan irit, jalan kaki jika tidak terlalu jauh, perbanyak main ke rumah teman biar dapat makan, dan sebagainya. Dijamin, gaji nggak cepat habis.

2. Mencari pendapatan tambahan

Tidak ada salahnya untuk mencari penghasilan sampingan yang bisa kamu lakukan setelah kerja atau pada hari libur. Meski sedikit melelahkan, namun pekerjaan sampingan justru akan memperkuat neraca keuangan loh!

3. Fokus pada karir

Selagi masih produktif, berikanlah semua energi pada pekerjaan kamu. Cermatlah  dalam mengambil setiap langkah serta perbanyak koneksi agar dapat memberikan kesempatan yang lebih baik di kemudian hari.

4. Menabung untuk pensiun

Tidak ada salahnya untuk memikirkan uang pensiun dari sekarang. Ada banyak pilihan tabungan pensiun yang dapat kamu pilih, misalnya tabungan berencana yang disediakan oleh bank atau berinvestasi.

5. Prioritaskan membayar utang 

Kamu harus berkomitmen untuk membayar utang terlebih dahulu agar tidak menumpuk nantinya. Oleh karena itu, kamu harus menyeimbangkan antara membayar utang, menabung dan berinvestasi karena ini sangat krusial untuk membangun basis finansial. [IF]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…