Begini Cara Sembunyikan Gallery Photo di Android

Genit.id, Jakarta – Pengguna Android yang aktif di berbagai media sosial tentu kerap direpotkan oleh banyaknya foto dan gambar yang masuk di gallery foto yang datang dari berbagai sumber. Entah itu dari aplikasi WhatsApp ataupun sampul album musik yang terunduh otomatis dalam folder yang sama dengan foto jepretan kamera.

Akibat menumpuknya foto atau gambar yang masuk ke dalam gallery foto, membuat waktu penelusuran foto pun menjadi lebih lama. Selain itu, gambar-gambar yang di galery foto bisa dilihat oleh siapapun. Padahal, mungkin saja ada beberapa foto yang tidak untuk kosumsi umum.

Masalah ini tentu saja bukan sesuatu yang tidak bisa diatasi. Kamu bisa belajar untuk menyembukyikan folder dan gambar dengan mengunduh aplikasi tambahan. Nah, bagaimana caranya?

Telset,id punya beberapa tips untuk mengatasi masalah tersebut, yakni dengan cara seperti dilansir dari Androidpit. Apa saja? Yuk disimak!

1. Sembunyikan Gambar di Galeri

Yang pertama ini bisa dilakukan dengan menghubungkan ponsel ke komputer untuk mengaktifkan transfer file, setelah itu arahkan ke direktori WhatsApp. Buat file teks kosong dan ganti nama menjadi .nomedia.

[Baca juga: Cara Cek Hashtag Terlarang di Instagram]

Lakukan hal yang sama di direktori musik dan periksa hasilnya di galeri serta di VLC. Bahkan saat tidak memiliki akses ke komputer, Kamu juga dapat mengganti nama file lainnya di .nomedia dan memindahkannya ke tempat yang dibutuhkan.

2. Sembunyikan Foto dan Video Pribadi di Android

Jika ponsel Kamu sering dipinjam anak, keluarga atau teman, tentu perlu sekali untuk menyimpan beberapa file secara pribadi. Dalam hal ini, Kamu dapat memindahkan file tersebut ke dalam direktori tersembunyi, dengan cara menambahkannya ke file .nomedia.

Caranya mudah, cukup hubungkan ponsel Android ke komputer dan aktifkan file transfer, lalu pilih file explorer. Arahkan ke direktori DCIM dan buat folder bernama .hidden.

Buat file teks kosong dan ganti nama menjadi .nomedia lalu pindahkan foto yang ingin disembunyikan ke .hidden. Periksa apakah ini berhasil di galeri Kamu dan di VLC. Kamu juga dapat mengganti nama gambar individual sehingga tidak memiliki titik di awal.

3. Tampilkan Video Tersembunyi di VLC

Video tersembunyi seharusnya tidak muncul dalam kategori video dan hanya bisa diakses oleh Kamu. Namun bagaimana cara mencarinya? Coba masuk ke direktori tempat folder tersembunyi berada, lalu refresh untuk melihatnya.

4. Enkripsi File

Fitur ini harus dilakukan dengan hati-hati karena memiliki risiko, seperti lupa kata sandinya. Aplikasi ini mungkin tidak akan tersedia lagi, jadi file Kamu tidak dapat didekripsi.

Kendati demikian, sejak Android 5.0, yang digunakan pada sebagian besar smartphone sejak 2014, perangkat Android benar-benar dienkripsi sehingga tidak ada yang bisa mengakses data sebelum Kamu membuka kunci smartphone. [IF]

Sumber :

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…