Bukan Bukan Cuma Menghilangkan Bau Makanan, Daun Kemangi Juga Bermanfaat untuk Kulit dan Rambut

Siapa yang tidak tahu daun kemangi ? Daun yang banyak dimanfaatkan sebagai sayuran segar saat mengonsumsi ikan atau ayam goreng ini memiliki aroma yang khas yang biasanya dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis saat memasak beberapa olahan daging. Tapi tahukah kamu bahwa selain sebagai pelengkap sajian makanan ternyata kemangi juga memiliki beeberapa manfaat lain yang tak kalah penting?

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat daun Kemangi sebagaimana dilansir dari Vemale:

Mengobati Infeksi Kulit

Entah dimakan mentah-mentah atau digunakan sebagai pasta, daun Kemangi menawarkan banyak bagi kulit. Mulai dari mencegah jerawat, mencegah komedo, hingga mengobati infeksi kulit. Untuk manfaat terakhir (mengobati infeksi), teradi lantaran sifat yang dimiliki daun Kemangi itu sendiri, yakni sebagai anti bakteri, anti biotik dan anti jamur properti sehingga daun kemangi dapat membatasi pertumbuhan bakteri seperti E coli dan B anthracis yang menyebabkan infeksi kulit. Pengobatan ini bisa dilakukan dengan menggiling dan merebus 200-250 gram daun kemangi dengan kuantitas yang sama. Lalu diterapkan pada kulit untuk menyembuhkan gatal-gatal. Campuran daun kemangi dan jus lemon juga dapat diterapkan pada kulit untuk mengobati kurap.

Menyehatkan Rambut

Selain mengobati infeksi di kulit, daun Kemangi juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan rambut, diantaranya mencegah rambut beruban dan rambut rontok. Rambut rontok adalah masalah umum yang yang dapat terjadi karena gatal kulit kepala. Pasta dari daun kemangi yang ditambahkan ke minyak rambut dan diterapkan pada kulit kepala akan menjaga kulit kepala tetap dingin, mengurangi gatal dan meningkatkan pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…