Jelang Hari Gizi Nasional, Yuk Kenali 10 Makanan Paling Sehat di Dunia

Sebagian dari kita mungkin tak banyak yang tahu, bahwa selain hari kasih sayang, atau beken dipanggil Valentine, bulan Februari juga punya agenda lainnya yang tak kalah penting. Tepatnya di tanggal 28 nanti, yang dikenal sebagai Hari Gizi Nasional.

Hari Gizi sendiri mulai dikenal pada awal kemerdekaan oleh Bapak Gizi Indonesia, almarhum Prof. Poorwo Soedarmo dan diperingati setiap tanggal 25 Januari. Namun kemudian, hari Gizi Nasional diubah menjadi tanggal 28 Februari, sedangkan tanggal 25 Januari menjadi hari gizi dan makanan.

Nah, buat menyambut hari penting yang jarang diketahui ini, melansir dari situs fitnessmagazine, Genit.id akan membagikan10 jenis makanan paling menyehatkan di dunia yang perlu kamu ketahui. Apa aja, sih?

1. Lemon

Satu buah lemon memiliki lebih dari 100 persen asupan vitamin C harian kita. Kandungan tersebut mampu membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL “baik” dan menguatkan tulang. Tak hanya itu, kandungan citrus flavonoid-nya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan mampu berfungsi sebagai antiinflamasi.

2. Brokoli

Ada yang nggak suka sayuran? Sepertinya kalian perlu tahu khasiatnya. Setangkai brokoli ukuran sedang mengandung lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin K harian kita, hampir 200 persen kebutuhan vitamin C harian kita yang mana dua nutrisi itu penting untuk pembentukan tulang dan mencegah kanker.

3. Cokelat Hitam

Kabar gembira buat kamu yang punya tekanan darah tinggi. Dengan mengonsumsi seperempat ons cokelat hitam setiap hari, konon kita bisa menurunkan tekanan darah. Selain itu, serbuk kakao pada coklat mengandung anti oksidan yang terbukti mampu mengurangi kolesterol LDL “buruk” dan meningkatkan kolesterol DHL “baik”

4. Ubi Jalar

Mungkin banyak yang menganggap kalau ubi ini makanan “zaman old” yang gak lagi menarik, tapi siapa sangka, ternyata ia masuk ke dalam daftar makanan paling menyehatkan di dunia. Satu ubi jalar mengandung cukup vitamin A yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita.

5. Salmon

Masih ada yang nggak tahu salmon? Daging ikan ini cukup terkenal dengan kandungan omega-3-nya yang berfungsi menurunkan resiko depresi, penyakit jantung dan kanker. Selain itu, sajian 3 ons mengandung hampir 50 persen dosis niacin harian kita yang berguna untuk mencegah penyakit alzheimer dan kehilangan memori.

6. Kacang Kenari

Mempunyai kandungan asam lemak omega-3, yang dapat mengurangi kolesterol dari semua kacang. Kandungan tersebut juga telah terbukti mampu melawan kanker dan memperbaiki mood seseorang.

7. Alpukat

Buah yang mudah diperoleh di negeri tercinta kita ini mempunyai manfaat menurunkan kolesterol sekitar 22 persen. Dalam satu buah alpukat, lebih dari separuh mengandung serat. dan mampu memenuhi sekitar 40 % kebutuhan folat harian kita.

8. Bawang Putih

Kita tentu bahagia, karena hampir setiap resep makanan khas Indonesia pasti menggunakan bawang putih dalam racikannya. Salah satu bahan bumbu dapur ini ternyata adalah pejuang terbaik yang mampu memerangi bakteri jahat dalam tubuh termasuk E. coli. Tidak hanya itu, kandungan Alicin yang ada pada bawang putih terbukti mamp menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

9. Bayam

Bicara soal bayam, mungkin ada sebagian dari kita yang ingat dengan kartun Popeye. Sayur yang mudah ditemukan di pasar dengan harga yang murah ini punya dua kandungan anti oksidan lutein dan zeaxanthin, yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan mata.

10. Kacang Polong

Jenis kacang ini apabila rutin dikonsumsi seporsi empat kali seminggu, bermanfaat untuk menurunkan resiko terkena serangan jantung hingga 22 persen. Porsi yang sama juga bermanfaat untuk menurunkan resiko terkena kanker payudara. [IF]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…