Kenali Penyebab Sering Bangun Tidur Saat Sedang Lelap

Kita semua tahu bahwa tidur sangat penting untuk tubuh. Setelah seharian beraktivitas, penting bagi kita untuk  mengistirahatkan tubuh.

Namun demikian, proses tidur mungkin tidak selalu mulus bagi beberapa orang. Adakalanya mengalami kesulitan atau insomnia atau bisa juga tertidur namun sering terbangun di malam hari.

Menurut penelitian yang dilansir dari thehealthsite, tidur yang terputus-putus konon bisa membuat kita mudah mengalami depresi, kelelahan, dan kebingungan. Lantas, apa yang menyebabkan kamu terbangun saat sedang tidur? Ini penjelasannya!

Konsumsi kafein

Tahukah kamu bahwa butuh waktu 5-6 jam untuk mencerna kafein? Jika kamu minum kopi jam 7 malam, maka kamu bisa tidur nyenyak ketika jam menunjukkan jam 12 malam.

Konsumsi alkohol

Ternyata mengonsumsi alkohol sebelum tidur dapat memberikan dampak negatif bagi kualitas tidur loh! Tidak heran kalau kamu mudah bangun saat tidur jika sebelumnya mengonsumsi alkohol.

Stress

Pikiran yang negatif, stress, serta kecemasan juga dapat menurunkan kualitas tidur loh! Buanglah semua itu agar kamu dapat tidur lebih nyenyak.

Kurangnya Tryptophan dalam tubuh

Tryptophan merupakan zat yang penting dalam memproduksi hormon yang bertanggungjawab untuk menjaga kualitas tidur, yaitu serotonin dan melatonin. Makanan yang mengandung Tryptophan , antara lain kedelai, labu dan kacang lentil.

Kasur yang tidak enak

Kasur dan alat tidur lainnya secara tidak langsung mempengaruhi kualitas tidur. Oleh karena itu, pilihlah kasur dan alat tidur yang nyaman ya.

Masalah kesehatan 

Beberapa gangguan kesehatan atau penyakit, seperti diabetes, penyakit ginjal kronis hingga hipertiroidisme juga merupakan salah satu faktor yang mengganggu kualitas tidur. Segeralah berobat jika tubuhmu sudah menunjukkan gejala gangguan kesehatan. [IF]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…