8 Cara Mudah Atasi Kentut Berlebihan

Flatulensi atau kentut terjadi ketika tubuh mengeluarkan gas dari anus. Ini merupakan proses yang normal sehingga kamu tidak perlu malu. Tetapi ada yang perlu dikhawatirkan kalau kamu sudah keseringan kentut.

Dilansir dari Mayo Clinic, diperkirakan kentut yang normal adalah sekitar 10-20 kali dalam sehari. Jika terlalu sering, tentu akan mengganggu atau bahkan bisa jadi pertanda suatu penyakit loh! Sebelum berasumsi, yuk disimak dulu cara-cara praktis mengurangi kentut berlebihan! Siapa tahu kentut yang berlebihan disebabkan oleh kebiasaan ini :

1. Kurangi makanan yang mengandung gas tinggi

Makanan yang tergolong memiliki kandungan gas yang tinggi antara lain kacang-kacangan, kol, kismis, bawang bombay, brokoli, kembang kol, jamur, bir dan minuman berkarbonasi lainnya. Makanan-makanan ini akan dipecah oleh bakteri di usus besar. Proses pemecahan tersebut lah yang akan menghasilkan gas kemudian dikeluarkan dari anus.

2. Makan dan minum secara perlahan

Tahukah kamu bahwa kecepatan makan dapat mempengaruhi gas yang dikeluarkan tubuh? Makan dan minum secara terburu-buru akan menyebabkan terlalu banyak udara yang terkumpul di dalam pencernaan loh! Jadi, pastikan kamu menguyah dengan perlahan ya.

3. Perbaiki pencernaan dengan olahraga teratur

Fungsi sistem pencernaan termasuk usus dapat ditingkatkan dengan berolahraga secara teratur. Hal ini akan melancarkan perjalanan gas dan mencegah terjadinya kembung.

4. Hindari pemanis buatan

Gula buatan banyak ditemui di makanan seperti permen karet. Bagi kamu yang memiliki toleransi rendah dengan zat ini akan mengakibatkan timbulnya diare dan peningkatan pembuangan gas.

5. Kurangi kebiasaan menelan udara

Ternyata kebiasaan seperti menguyah permen karet, merokok, dan minum dari sedotan bisa meningkatkan volume udara yang masuk ke dalam perut loh!

6. Minum teh Chamomile 

Teh Chamomile diketahui bisa mengurangi gangguan pencernaan, termasuk gas yang terperangkap. Sebelum makan dan menjelang tidur minumlah teh Chamomile untuk mengurangi gas yang berlebihan

7. Kurangi makanan yang tinggi serat untuk sementara

Tidak bisa dipungkiri bahwa serat memang memilki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, serat juga bertindak sebagai produsen gas. Kamu dapat mengurangi makanan tinggi serat untuk sementara untuk mengurangi gas yang berlebihan. Jika sudah membaik, kamu dapat kembali mengonsumsi makanan yang berserat.

8. Minum larutan cuka apel

Mencampurkan cuka apel ke dalam minuman ternyata dapat mengurangi kentut yang berlebihan loh! Minumlah secara teratur sebelum makan. Kamu bisa mengonsumsi sebanyak 3 kali sehari atau sesuai kebutuhan ya. [IF]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…