Mengenal Cara Orang Sukses Memanfaatkan Akhir Pekan

Bagi kamu yang sehari-hari disibukkan dengan pekerjaan, akhir pekan adalah kabar gembira. Sabtu dan Ahad adalah waktu di mana kita bisa sejenak melepaskan diri dari kepenatan di ruang kerja.

Tetapi ada kalanya orang bingung dengan apa yang akan dilakukan jika akhir pekan tiba. Bagi orang-orang sukses, akhir pekan dimanfaatkan dengan aktivitas yang bisa menyuntikkan energi baru. Dikutip dari laman The Muse, yuk kita intip apa saja kegiatan orang sukses di penghujung pekan.

1. Mengejar Passion

Percayakah anda bahwa mantan presiden AS George W. Bush sangat suka melukis? Atau lihatlah peraih tiga Academy Award, Meryl Streep, yang gemar merajut. Anda juga harus tahu bahwa bilyuner Warren Buffet kerap memainkan ukulele di waktu senggang.

Mereka melakukan kegiatan tersebut atas nama hobi dan passion. Tengoklah lebih jauh ke dalam diri anda dan temukan hobi yang anda suka. Lakukan kegiatan itu di akhir pekan. Melatih diri untuk rutin beraktivitas di bidang kreatif mampu mendongkrak performa kerja anda. Dengan terbiasa berfikir kreatif, anda akan lebih cepat menemukan solusi jika terbentur dengan masalah.

2. Menjauh dari Pekerjaan

Arianna Huffington menginstruksikan kepada seluruh karyawannya untuk tidak menjawab email di akhir pekan atau ketika berlibur. Jack Dorsey, co-founder Twitter, menghabiskan hari Sabtunya dengan naik gunung. Pada Ahad, ia memfokuskan pikiran untuk mengevaluasi diri dan mencari masukan baru. Inilah mengapa ketika Senin tiba Dorsey dapat bekerja dengan prima.

Kemajuan teknologi memungkinkan kita untuk senantiasa terhubung dengan pekerjaan 24 jam sehari dan 7 hari sepekan. Namun tak pernah lepas dari pekerjaan, meski di akhir pekan, bisa menyebabkan pikiran penat dan dilanda kejenuhan.

3. Teman dan Keluarga

Mantan presiden AS Barack Obama selalu menggunakan waktu luangnya untuk bercengkerama bersama dua putrinya, Malia dan Sasha. Milyuner Mark Cuban yang kerap muncul di televisi berubah menjadi ayah yang baik untuk istri dan dua anaknya saat ia tiba di rumah.

Jika belum memiliki anak, anda dapat menerapkan prinsip yang sama untuk keluarga dan orang-orang yang anda cintai. Kesibukan yang membelit sepanjang hari kerja bisa jadi membuat anda lupa mengecek kembali ikatan emosi dengan orang-orang terdekat. Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk melakukan itu.

4. Tidur

Lagi-lagi mantan presiden AS menjadi panutan. Bill Clinton dikenal orang-orang terdekatnya sebagai sosok yang menyuntikkan energinya dengan cara tidur siang. Thomas Alva Edison pun memiliki kebiasaan yang serupa. Tidur siang sejenak, bahkan di sela pekerjaan, diyakini dapat mengembalikan produktivitas.

Akan tetapi, tidak semua bos mengizinkan anak buahnya tidur siang di hari kerja. Untuk mengatasinya rencanakan tidur siang yang cukup di akhir pekan. Namun jangan habiskan waktu anda sepanjang hari hanya untuk tidur. Tidur selama 20 menit sudah cukup untuk membuat pikiran segar, lebih berenergi, dan lebih produktif.

5. Jadi Relawan

Orang-orang sukses tidak hidup hanya dengan memikirkan dirinya sendiri. Melibatkan diri menjadi relawan pada sebuah komunitas atau gerakan melatih diri kita agar menjadi pribadi yang gemar berbagi. Sikap dermawan memberikan efek positif terhadap kehidupan seseorang. Penelitian menunjukkan orang yang menjadi relawan punya perkembangan hidup yang baik dan karakter menyenangkan.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…