9 Tips Menuju Badan Sehat, Dijamin Aman dan Cepat

Bagi kaum hawa, berat badan ideal dan bentuk tubuh proporsional boleh dibilang merupakan hal yang cukup penting untuk penampilan terus menawan. Banyak wanita yang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan tubuh ideal bahkan dengan diet yang bisa dibilang kurang begitu baik untuk kesehatan.

Lantas bagaimana cara diet sehat yang aman dan cepat menurunkan berat badan? Dilansir dari SistaSehat, inilah 9 tips diet secara aman dan cepat :

1. Buatlah Target Diet yang Wajar

Untuk memulai diet, pastikan kamu tahu target berat badan yang kamu inginkan. Cobalah untuk menentukan target yang wajar dan dapat diraih secara alami. Jika kamu baru pertama kali ingin menurunkan berat badan, target kecil mungkin bisa membantu untuk lebih termotivasi.

Buatlah target penurunan berat badan 2-3 kilogram terlebih dahulu selama beberapa minggu. Tujuannya, agar tubuh tidak kaget saat kamu mulai menjalani proses diet.

2. Jangan Diam Saja

Berkomitmen untuk diet sehat berarti selain menurunkan berat badan, organ-organ serta otot di dalam tubuh juga semakin sehat saat kamu berdiet. Salah satu cara diet sehat adalah dengan lebih banyak melakukan olahraga dan aktif bergerak.

Cobalah untuk melakukan olahraga menengah menuju berat jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan maksimal. Jika yang kamu inginkan mengurangi lemak di bagian-bagian tertentu tubuh, lakukan olahraga yang memang ditujukan untuk mengecilkan suatu bagian tubuh tertentu. Contohnya saja, untuk mengecilkan perut, olahraga yang paling tepat adalah sit-up dan juga plank. Sementara untuk melatih otot lengan, push-up lebih tepat.

3. Minum Air Mineral

Dibandingkan dengan minuman dengan tambahan berbagai zat pewarna dan kandungan gula yang tinggi, air mineral adalah pilihan paling sehat bagi kamu yang sedang berdiet. Air mineral tidak mengandung banyak gula, komponen minuman yang hanya menawarkan kenikmatan sesaat, namun memicu nafsu makan dan malah membuat seseorang gagal menjalani diet.

Minum air putih cukup juga menghindari tubuh dari dehidrasi. Kalori yang dikandung air putih juga hampir 0, sehingga kamu tidak perlu khawatir bertambah berat badan dengan meminum banyak air mineral.

4. Kenali Makanan Pembakar Lemak

Tentunya saat berdiet seseorang akan lebih pemilih dalam hal makanan yang ia konsumsi. Untuk lebih baik lagi menjalani diet, cobalah kenali makanan yang dapat membakar lemak berikut  ini:

  • Buah Jenis Berry : rendah kalori dan kaya akan flavanoid
  • Telur : sumber protein dengan kalori rendah
  • Yogurt : dapat menurunkan kadar lemak hingga 81%
  • Teh Hijau/Green Tea : meningkatkan metabolisme tubuh

5. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Perbedaan antara karbohidrat sederhana dan kompleks terletak pada kemampuannya dikonversi menjadi energi di dalam tubuh. Karbohidrat kompleks memiliki lebih banyak ikatan sehingga lebih sulit mengurainya menjadi energi. Ini berarti akan membuat kamu lebih lama merasa kenyang karena pencernaan berlangsung lebih lama.

Beberapa contoh karbohidrat sederhana adalah mie dan nasi, sementara karbohidrat kompleks didapatkan dari beras merah, gandum, sereal, dan kacang-kacangan. Mulailah mengganti konsumsi karbohidrat sehari-hari dengan karbohidrat kompleks untuk berat badan yang lebih ringan.

6. Perhatikan Pola Makan

Seringkali wanita yang sedang berdiet mengatur pola makannya dengan berbeda, seperti misalnya tidak makan lagi setelah pukul 6 sore, namun masih dapat minum. Banyak pula yang mengganti makan malam dengan mengonsumsi buah atau salad. Hal ini cukup tepat karena makan pada malam hari sebelum tidur berkemungkinan untuk membuat perut lebih penuh dan terjadi penumpukan lemak saat manusia tidur.

Beberapa orang lainnya juga mengatur pola makan dengan porsi yang lebih sedikit namun dengan frekuensi yang lebih banyak. Hal ini akan membuat lambung bekerja secara lebih teratur dan tidak kaget karena diisi terlalu banyak. Ukuran lambung pun dapat mengecil jika kamu mengatur pola makan seperti ini.

7. Menu Pilihan Sarapan

Walaupun sedang berdiet, kamu tidak boleh lupa untuk tetap sarapan karena di pagi hari perut dalam kondisi kosong dan harus diisi. Menu sarapan yang dapat kamu coba saat berdiet antara lain setengah alpukat matang, buah kiwi, buah pisang, dan juga minum secangkir teh hijau hangat untuk membersihkan saluran pencernaan.

Kalori yang dibutuhkan untuk sarapan kira-kira 300-4400 kalori saja,. Kebutuhan tersebut akan dapat dipenuhi dengan mengonsumsi jenis-jenis makanan di atas.

8. Menu Pilihan Makan Siang

Untuk makan siang, gabungkan sayuran hijau dengan protein. Sayuran dapat terdiri dari selada, tomat, paprika, wortel, atau timun. Sementara protein dapat kamu peroleh dari daging ayam, daging ikan, dan telur. Jika tidak bisa makan tanpa nasi, cobalah nasi merah.

Ingat bahwa seluruh makanan yang kamu konsumsi diusahakan tidak menggunakan terlalu banyak minyak saat diproses, seperti digoreng. Cobalah mengonsumsi daging yang dipanggang atau direbus untuk memaksimalkan diet. Selain itu, makanan yang direbus atau dikukus juga memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan jika diproses dengan minyak berlebih.

9. Hindari Konsumsi Gula Berlebih

Gula adalah salah satu zat yang cepat sekali diserap dalam aliran darah dan dapat meningkatkan nafsu makan secara berlebihan. Oleh karenanya, hindari mengonsumsi terlalu banyak gula, seperti yang ada dalam minuman bersoda. [IF]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…