Woman meditating at beach

7 Kebiasaan Ini Bakal Bikin Kamu Selalu Sehat, Nggak Percaya?

Kalian mungkin sudah biasa membaca berbagai macam tips kesehatan di ranah internet yang luas ini. Baik tips yang berdasarkan dari perhitungan kalori, olahraga, menu seimbang atau lainnnya. Tapi, tahu nggak sih kalau ada tips kesehatan dari para ilmuwan, yang berbeda dengan kebanyakan tips yang ada.

Dilansir dari situs bightside.me, Genit.id akan membagikan 7 tips tersebut buat. Apa aja ya? Ini dia!

1. Jangan lagi Menghitung Kalori

Berasa ribet nggak sih, kalau tiap mau menyusun atau memasak menu makan harus lebih dulu ngitung jumlah kalori? Kalau iya, berarti segera hentikan kebiasaan itu. Faktanya, para peneliti menemukan bahwa yang lebih berakibat pada kenaikan berat badan bukan hanya kalori, melainkan juga makanan dan minuman manis. Oleh sebab itu, menyusun menu makanan yang berkualitas, dengan gizi seimbang, lebih penting dari pada menyusun makanan hanya berdasar pada jumlah kalori.

2. Pastikan Setengah Piring dari Porsi Makananmu Berisi Sayuran

Pasti kamu bertanya, “Kenapa?” Seperti yang sudah sering kita baca, buah dan sayuran, terutama yang berserat tinggi, sangat baik untuk menjaga kesehatan. Disamping serat, sayuan dan buah adalah sumber air dan zat mikro yang berguna. Peneliti mengungkapkan bahwa takaran setengah piring dari porsi kita untuk sayuran, adalah takaran ideal untuk menjaga kesehatan. Hal ini pun bisa berarti setengah belanjaan kita adalah sayuran.

3.  Makanlah yang Kamu Inginkan, Kapanpun

Selagi tak ada masalah kesehatan yang membuat dokter harus melarang kamu untuk tidak makan beberapa jenis makanan, maka makanlah apapun yang kamu inginkan. Sebab dengan begitu, jiwa kamu akan bahagia. Tidak terkungkung dalam larangan-larangan. Tentunya sesuai anjuran yang ada di poin 1 dan 2.

4. Gunakan Aturan “Cukup Dua Gigitan”

Adakalanya kita merasa sangat ingin makan-makanan yang tidak sehat, seperti gorengan, atau berbagai jenis produk junk food. Jangan membatasi diri dengan tidak memakannya. Para peneliti mempunyai tips unik, cukupkan hanya dua gigitan dan minum segelas air putih setiap setelah satu gigitan. Itu akan membuat kita cepat kenyang dan merasa cukup.

5. Sarapan dengan Makanan yang Mengandung Protein

Hal ini berlaku bagi kamu yang takut gemuk. Jangan malah meninggalkan sarapan, tapi sarapanlah dengan menu yang mengandung cukup protein seperti telur, dada ayam, atau yoghurt. Sebab di dalam kandungan protein ada hormon yang mampu menjaga rasa kenyang sampai siang, lebih efektif daripada karbohidrat.

6. Berjalanlah Selama 1-2 menit Setiap Jam

Kamu bekerja kantoran, atau mahasiswa yang sebagian besar berkegiatan dengan duduk? Banyak alasan untuk meluangkan satu menit berjalan kaki setiap jam. Entah dengan alasan ke toilet, mengunjungi departemen lain, yang penting bisa berjalan kaki untk membuat kamu aktif sepanjang hari.

7. Jangan Sekali-kali Makan Makanan Ringan Langsung dari Kemasannya

Cara terbaik menjaga kesehatan, ternyata bukan dengan mengindari makanan ringan. Melainkan dengan mengontrolnya. Pastikan sebelum menikmati makanan ringan, kamu tuang dulu ke wadah yang berporsi cukup, seperti piring, atau mangkuk. Dengan begitu kamu bisa mengontrol asupan makanan yang tidak sehat untuk diri sendiri. [IF]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…