5 Alasan Kenapa Bis Tetap Jadi Angkutan Favorit

Di sejumlah negara, liburan atau bepergian dari daerah satu ke daerah lain dengan menggunakan kereta sebagai alat transportasi adalah hal yang biasa. Apalagi di negara-negara seperti Jepang atau Korea, yang memang menjadikan kereta sebagai transportasi utamanya. Namun, tidak demikian di beberapa negara lainnya, sebagai contoh Indonesia. Adakalanya, bus tetap menjadi pilihan utama dalam melakukan perjalanan. Pun meski jarak yang ditempuh bisa dibilang tidak pendek.

Tentu saja, ini bukan tanpa sebab. Bagaimanapun, lepas dari segala pemberitaan miring mengenai bus atau akrab dipanggil bis, angkutan umum ini yang satu tetap menjadi angkutan umum favorit untuk bepergian jauh, antar kota maupun antar provinsi bagi sebagian besar warga Indonesia. Ini terbukti dengan tetap padatnya sejumlah terminal utama di kota besar.

Nah, jika kamu masih penasaran mengenai alasan kenapa bis tetap menjadi primadona di kalangan angkuters, 5 alasan ini mungkin bisa jadi jawabannya, kenapa bepergian dengan bis tetap dianggap menyenangkan dibandingkan naik kendaraan pribadi, kereta api atau bahkan pesawat terbang.

1. Dulu dan sekarang berbeda, begitu juga bus

Yep, sudah menjadi rahasia umum bahwa bus adalah alat transportasi lawas. Apalagi jika melihat tampilannya yang kadang seperti mau terguling jika ditiup angin. Well, itu dulu. Nyatanya bus yang banyak kita temui sekarang sudah tak lagi sama seperti dulu. Tak hanya armadanya saja yang diperbarui, fasilitasnya pun lebih lengkap dari sebelumnya.

Ini bukan tanpa sebab. Usut punya usut, peraturan pemerintah yang ketat untuk menyeleksi bus yang beroperasi membuat banyak Perusahaan Otobus (PO) berbenah.

2. Aksesibilitas mudah

Jujur saja, ada nggak sih dari kita yang memiliki rumah di samping bandara atau stasiun? Nah, meskipun naik pesawat atau kereta hitungannya lebih cepat, namun aksesibilitasnya tidak semudah jika kita naik bus. Dengan bus, kita bisa tiba di tempat tujuan yang dekat jaraknya dengan tempat wisata atau bahkan rumah, jika tujuan kita memang pulang kampung.

3. Bus premium bagi pendamba kenyamanan 

Ya, tak ubahnya pesawat atau kereta api, tipe bus ada bermacam-macam, mulai dari yang biasa saja hingga yang sangat premium. Jika dibanding dua alat transportasi lainnya, fasilitasnya juga tidak kalah lengkap lho.

4. Naik Bus sama dengan membantu pemerintah

Bukan rahasia lagi, jalanan antar provinsi kini tak ubahnya situasi di dalam kota, penuh dengan kendaraan. Apalagi saat musim liburan tiba. Sebagai tindak lanjut, Pemerintah pun mulai giat mensosialisasi untuk lebih sering memakai angkutan umum ketimbang angkutan pribadi.

5. Tiket bus jauh lebih murah

Memang, naik bus memakan waktu lebih lama jika dibandingkan dengan naik kereta api atau pesawat, namun bicara soal harga tentu menang telak. Bandingkan saja ketika kamu ingin pergi ke Semarang, dengan menggunakan bus dari Jakarta, kamu mungkin hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp190 ribuan, sementara naik naik kereta api bisa mencapai Rp260 ribuan untuk kategori eksekutif. Pesawat? Pastinya lebih mahal.  Dengan hanya Rp190 ribuan, kamu bisa menikmati fasilitas lengkap mulai dari AC, kursi yang nyaman, TV hingga toilet.

Nah, kabar baiknya lagi nih, keuntungan lain jika bisa kamu dapat lho jika membeli tiket bus dengan menggunakan DOKU e-wallet. Di bosbis.com  kamu bisa mendapatkan potongan harga Rp30.000. Lumayan dong?

Gimana? Masih bingung mau pilih bus atau kereta?

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…