Kenapa Bisa Ada Typo Ketika Menulis? Ini Alasannya!

Berkomunikasi dengan seseorang adalah hal yang biasa. Dan hampir dilakukan oleh semua orang setiap harinya. Bedanya, jika dulu komunikasi dilakukan secara langsung alias sambil bertatap muka, kini hampir sebagian besar berakhir di ruang chat alias dengan menulis pesan.

Kekurangannya selain tidak memungkinkan orang bertatap muka adalah typo.

Nah, untuk urusan yang satu ini, kamu semua pasti pernah mengalaminya bukan?Apa sih penyebabnya? Yuk, simak hasil penelusuran Genit.id!

1. Sistem kerja otak

Dilansir dari situs Science ABC, ternyata otak kita bekerja secara generalisasi, yaitu otak memberikan fokus lebih tinggi pada tugas yang tingkat tinggi dan luas. Menulis merupakan salah satunya, sehingga ketika kita menulis atau mengetik, otak kita lebih fokus dalam menggabungkan kata demi kata dalam membentuk kesatuan makna yang ingin disampaikan tanpa memperhatikan urutannya.

2. Kepribadian

Menurut sebuah penelitian yang melibatkan 83 peserta, ditemukan bahwa seseorang dengan kepribadian ekstrovert cenderung memiliki kesalahan lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang berkepribadian introvert.

Ini karena seorang yang introvert akan membiarkan kesalahan begitu saja, berbeda dengan ekstrovert yang lebih teliti dan peka.

3. Posisi mengetik yang tidak pas

Menurut situs Alodokter.com, typo seringkali disebabkan oleh ketidaksesuaian posisi ketika mengetik. Oleh karena itu, smartphone berlayar penuh dan lebar dapat mengurangi typo ketika menulis pesan singkat. [IF]

Artikel ini ditulis oleh komunitas Genit.id. Ayo Tuliskan Ceritamu!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…