5 Fakta Mengenai Waktu, Nomor 2 Paling Ngeselin

Pepatah mengatakan time is money. Bisa dikatakan waktu merupakan hal yang penting dalam kehidupan kita. Bagimana tidak, karena hampir semua rutinitas diatur oleh waktu. Tetapi pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa waktu bisa berjalan cepat saat terburu-buru dan begitu juga sebaliknya? Ternyata ada loh fakta menarik tentang waktu.

Untuk lebih jelasnya, berikut hasil penelusuran Genit.id:

1. Waktu berjalan lambat saat kita bosan

Sebagian orang pasti merasa bosan membaca buku selama dua jam dibandingkan menonton TV. Alhasil, ketika membaca buku selama dua jam akan terasa lama. Ketika kita bosan, kita cenderung fokus pada diri sendiri sehingga banyak hal yang muncul di kepala. Persepsi kita tentang waktu pun berubah menjadi lambat karena banyaknya hal yang harus dipikirkan.

Beda lagi saat kita fokus pada satu hal di luar diri kita, seperti menonton TV, maka waktu berlalu sangat lambat karena kita hanya fokus pada film yang ditonton.

2. Waktu berlalu lambat saat menunggu sesuatu yang tidak pasti

Pernahkah kamu menunggu hasil pengumuman ujian atau hasil tes pekerjaan, yang pastinya dengan waktu yang sudah ditentukan, tetapi serasa seperti menunggu berabad-abad? Kok bisa begitu?

Ketika menanti sesuatu yang tidak pasti, otak kita mulai memikirkan ini itu dan hal-hal kecil lainnya. Itulah mengapa waktu terasa lama karena pertanyaan dan kekhawatiran yang muncul di kepala.

3. Sering melihat jam, bisa terkena ilusi waktu

Menunggu jam istirahat 15 menit rasanya seperti 1 jam, sedangkan menambah waktu tidur 15 menit rasanya hanya 1 menit. Padahal waktunya sama-sama 15 menit. Mengapa demikian?

Menggerakkan mata dari satu titik ke titik lain untuk melihat jam tidak membutuhkan banyak waktu. Itulah sebabnya ketika kamu melakukannya berulang kali, jarum jam seperti menetap dan tidak bergerak.

4. Dalam perjalanan pertama kali ke tempat asing rasanya lama sekali, pas pulang terasa cepat

Ternyata ketika kita fokus memikirkan sesuatu, akan banyak memori yang dihasilkan sehingga membuat waktu berjalan lebih lama. Saat pertama kali kamu datang ke tempat yang asing, kamu akan mencerna apa saja yang ada di sekitar. Jadi, perjalanan akan serasa jauh dan lama. Sebaliknya, ketika pulang waktu akan terasa lebih cepat karena kamu sudah terbiasa dan tidak terlalu memperhatikannya.

5. Saat terburu-buru satu menit seperti satu detik

Berapa banyak waktu yang tersedia pun tidak akan cukup jika sedang terburu-buru. Kenapa? Karena saat kita terburu-buru, kita terlalu fokus untuk menyelesaikan sesuatu, sehingga hampir tidak memperhatikan informasi lain yang ada di sekitar kita. Itulah kenapa waktu terasa lebih pendek. [IF]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…