Serunya Imlekan di Kota Seribu Kuil

Sebentar lagi, Imlek alias tahun baru China datang. Biasanya klenteng akan menjadi sasaran karena banyak atraksi dan keseruan digelar di sini. Dan tidak sedikit traveler yang mengincar moment tersebut. Nah, salah satu wisata seru adalah keliling klenteng.

Tak perlu keluar negeri, kamu cukup mampir ke Singkawang Kalimantan Barat. Kota yang dijuluki seribu kuil ini akan memberikan kamu sensasi berbeda. Lebih seru lagi jika kamu datang saat Cap Go Meh atau malam ke lima belas pertama pada tahun baru. Beberapa kuil ini bisa kamu kunjungi lho!

1. Vihara Surga Neraka

Vihara yang terletak di 12 kilometer dari kota Singkawang ini  dianggap sebagai kuil tertinggi. Karena letaknya di Gunung Pasi. Dari kuil ini kamu bisa menikmati keindahan Singkawang.

Sekilas Vihara ini seperti terdiri dari dua bangunan yaitu diatas dan dibawah. Bangunan yang lebih tua dan sederhana memiliki lima tempat sembahyang atau altar. Tiga tempat berjajar di bawah, sementara dua lainnya berada di lantai atas bangunan yang terbuat dari kayu.

Kamu bisa kesana dengan mengunakan motor atau mobil dengan sedikit sensasi jalan menanjak.

Dinamakan Surga Neraka karena memiliki banyak patung dewa yang berada di surge dan negara. Dan kuil ini sudah ada sejak 1960 loh. Vihara ini memiliki desain indah dengan relief naga pada tembok-temboknya dan warna yang mencolok.

2. Vihara Tri Dharma Bumi Raya

Vihara ini menjadi ikon kota Singkawang berada di Jl. Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat, ini didirikan pada 1878 dan disebut sebagai tempat peribadatan tertua umat Tri Dharma di kota tersebut.

Dijadikan Ikon karena Vihara ini  disebut sebagai cikal bakal berdirinya Singkawang. Masayrakat setempat menyebutnya Tai Pak Kung (Toa Pekong).

Biasanya, sebelum berkeliling kota menjalankan ritual membersihkan kota dari roh jahat, semua tatung atau loya (dukun Tionghoa) dari dalam dan luar Kota Singkawang wajib meminta restu Dewa Bumi Raya di vihara ini.

Ritual tersebut bertujuan untuk menghindarkan diri dari bahaya, yang kemudian disebut pantang harimau putih oleh warga Tionghoa.

3. Kelenteng Chi Kung

Nah klenteng ini favoritnya pecinan Singkawang yang beragama Budha. Kelenteng yang yang terletak di Jalan Sagatani (Sin Nam, dalam bahasa setempat). Kelenteng ini memiliki tiga lantai, di mana pada bagian depan lantai dasar dan lantai dua akan ditemui patung Chi Kung raksasa. Dan pada lantai tiga akan ada banyak patung para Dewa lainnya.

Lokasi wisata ini terletak tak jauh dari pusat Kota Singkawang sehingga sangat mudah dikunjungi. Anda hanya membutuhkan sekitar 30 menit untuk melakukan perjalanan dari pusat kota hingga tiba di kelenteng.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…