Wajib Tahu, Ini Dia 6 Fakta Mengejutkan Tentang Mulut

Kita semua tahu bahwa mulut adalah salah satu anggota tubuh yang kita gunakan untuk makan dan minum, termasuk untuk bernapas. Tapi, tahu nggak sih kalau ternyata ada fakta lain yang perlu diketahui tentang mulut? Dan itu tidak hanya berkaitan dengan ukuran saja, tetapi juga ‘ornamen’ lain yang ada di sekitarnya.

Hmm… penasaran fakta apa saja yang perlu diketahui tentang mulut diluar fungsinya untuk makan dan minum? Untuk lebih jelasnya, berikut hasil pencarian Genit.id: 

1. Ukuran Lidah

Nah, ngomong-ngomong soal lidah, tahu nggak sih kalau ternyata  ukuran lidah antara laki-laki dan perempuan itu tidak sama? Usut punya usut, lidah laki-laki ternyata lebih panjang dibanding lidah perempuan.

Hal ini sebagaimana tercatat dalam rekor dunia, dimana lidah laki-laki terpanjang memiliki ukuran 10cm, sedangkan lidah terpanjang perempuan hanya berukuran 7 cm. Nah, lidah kamu berapa?

2. Bola Kecil di Belakang Lidah

Mungkin tidak ada dari kita yang memperhatikan benda kecil yang menggantung di belakang tenggorokan. Benda yang dipanggil Uvula itu ternyata berfungsi sebagai penutup agar makanan tidak masuk ke saluran rongga hidung loh! Selain itu, Uvula juga memudahkan kita dalam berbicara.

3. Air Liur

Bicara tentang makan, semua pasti sudah paham dong bahwa semua itu bisa dirasa berkat adanya air liur. Konon, enzim yang terkandung dalam air liur membantu kita memecah makanan, sehingga rasa makanan tersebut terdeteksi oleh reseptor rasa.

4. Lidah sebagai Pelacak

Selain memiliki fungsi untuk merasakan asam, pahit, dan manis di mulut, ternyata jejak lidah bisa digunakan untuk melacak orang layaknya sidik jari. Hal ini memungkinkan karena setiap orang memiliki jejak lidah yang berbeda.

5. Bakteri

Di mulut ada begitu banyak bakteri, sebagian dari kita mungkin sudah tahu. Namun, satu hal ini bakal lebih mengejutkan. Pasalnya, jumlah bakteri yang ada di mulut seseorang ternyata jauh lebih banyak dari jumlah manusia yang ada di bumi. Waaah!

Namun demikian, tidak semua bakteri yang ada di dalam mulut adalah bakteri jahat, ada juga bakteri baik yang mencegah pertumbuhan bakteri jahat.

6. Ciuman

Yang terakhir mungkin akan lebih mengejutkan, khususnta bagi sebagian orang. Betapa tidak, menurut penelitian yang dilakukan di Amsterdam, ciuman bibir selama 80 detik saja dapat menyalurkan 80 juta bakteri dari satu orang ke orang lain. Gimana kalau lebih dari itu? [IF]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…