Liburan Sama Keluarga? Ini 8 Hal yang Harus Kamu Lakukan

Yang namanya liburan, tentu selalu butuh persiapan. Pun meski itu dilakukan bersama bersama keluarga. Ini dilakukan bukan semata demi kelancaran, tetapi juga keamanan. Kebayang dong, kalau kita tidak memiliki persiapan sebelumnya dan sembarangan dalam memilih tujuan wisata. Yang ada petaka, saat kita tanpa sengaja mendarat di daerah konflik.

Nah, biar hal-hal yang tidak diinginkan ini tidak sampai terjadi, yuk simak beberapa tipsnya, agar kita dapat menikmati berbagai destinasi wisata yang kita kunjungi.

1. Kenali Destinasi Tujuan

Sebelum berpergian, pastikan telah mempelajari tentang daerah yang akan dikunjungi agar dapat menentukan prioritas tempat wisata keluarga mana saja yang akan didatangi. Carilah dan bawalah peta tempat wisata tujuan sehingga akan mempermudah menuju ke  lokasi.

2. Gunakan travel agent

Pertimbangan untuk menggunakan jasa travel agent yang terpercaya agar tidak direpotkan oleh urusan persiapan perjalanan. Jika kita tidak yakin pergi sendiri bersama keluarga, tidak ada salahnya menggunakan agent travel yang terpercaya.

3. Periksa cuaca

Pastikan cuaca di tempat tujuan agar kita dapat mempersiapkan barang bawaan seperti baju yang dikenakan dan obat-obatan yang harus disiapkan. Jika memang cuaca di tempat tujuan kemungkinan hujan, maka sebaiknya siapkan payung dan jas hujan.

4. Beli tiket jauh-jauh hari

Jika akan naik pesawat, pesanlah tiket jauh hari sebelumnya agar seluruh anggota keluarga bisa duduk berdampingan atau berdekatan di dalam pesawat. Bila tidak memungkinkan, mintalah pada awak kabin pesawat untuk membantu kita meminta penumpang lain untuk pindah tempat duduk sehingga anak-anak tidak duduk terpisah dari orang tua.

5. Datang lebih awal 

Jika naik pesawat, maka usahakanlab datang lebih awal untuk check in. Sebelumnya, beritahukan pada anak-anak  mengenai prosedur screening di bandara agar proses pemeriksaan keamanan berjalan lancar.

6. Siapkan peta

Jika tujuan liburan kita adalah tempat yang luas, buatlah rencana kunjungan berdasarkan peta. Berikan kelonggaran bagi anggota keluarga untuk memilih tujuan apa yang menjadi minatnya.

7. Jangan sampai berpisah dari rombongan 

Selalu rencanakan sebelumnya di mana lokasi untuk bertemu dan apa yang harus dilakukan jika ada anggota keluarga yang terpisah dari rombongan. Jika mungkin, lengkapi setiap anggota keluarga dengan telepon seluler atau walkie-talkie agar bisa tetap berkomunikasi setiap saat.

8. Buat perjalanan menyenangkan

Ciptakan suasana humor yang menyenangkan selama perjalanan demi memberi anak-anak liburan yang mengesankan dan tidak terlupakan. [IF]

Artikel ini ditulis oleh komunitas Genit.id. Ayo Tuliskan Ceritamu!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…