Liburan Irit Liburan tanpa Duit, Kok Bisa?

Pasti banyak yang bakal bertanya-tanya, “Liburan tanpa duit? Emang bisa?” atau ada pula yang enggak percaya, “Ya Ampun, Bro! Toilet umum aja dua ribu!.” Tapi tunggu dulu, liburan tanpa duit benar-benar bisa terwujud loh! Genit.id bakalan bagiin tipsnya nih!

1. Perpustakaan Umum

“Hlaa? Katanya liburan, kok ke Perpustakaan?” Eits, jangan salah! Pergi ke Perpustakaan umum dan membaca buku-buku yang kalian sukai itu juga termasuk liburan loh! Liburan buat otak. Karena dengan membaca buku, otak akan berimajinasi dan sejenak keluar dari rutinitas harian kalian yang menjenuhkan. Tapi tentunya yang dibaca bukan buku filsafat atau yang berat-berat ya, melainkan buku-buku seperti komik, novel, atau buku-buku motivasi ringan.

2. Berburu Lomba

Mungkin ada yang nggak puas dengan tips pertama? Okelah coba tips yang kedua ini. Cari di mesin pencari dengan keyword lomba berhadiah liburan, di sana bakal banyak kalian temui berbagai kriteria lomba. Nah, dari banyak lomba yang ada, tinggal kalian cari deh lomba yang menurut kalian paling mungkin buat diikuti berdasarkan destinasi dan syarat serta ketentuan lomba.

3. Menjadi Traveller Blogger

Kalau yang ini butuh sedikit kerja keras sih. Buat kalian yang hobi menulis, kalian bisa mulai dengan membuat blog yang berisi dengan berbagai macam destinasi wisata. Di awal-awal, semua info konten bisa dengan mencari dan merangkai dari berbagai web, selanjutnya bisa dengan mengunjungi tempat-tempat indah di sekitar daerah kalian yang belum tereksplore. Setelah itu tingkatkan ‘branding’ blog kalian. Dari sana biasanya akan ada kompetisi atau bahkan undangan buat meliput tempat wisata, yang artinya kalian gak hanya difasilitasi, tapi juga dikasih uang saku. Menarik bukan?

4. Menjadi Asisten Fotografer

Fotografer biasanya sering punya event-event luar kota. Atau setidaknya ‘customer’ dari luar kota. Dengan menjadi asisten fotografer, selain kalian bisa menimba ilmu fotografi, kalian juga bakal ikut kemana pun fotografer diundang. Yang tentunya gak jarang sekalian diadakan kunjungan ke tempat-tempat wisata terdekat. Dan yang lebih menarik lagi, kalian pastinya digaji.

5. Menjadi Tour Guide

Kalau ini tak perlu dijelaskan kalian juga bakal ngerti, kan? Bekerja ke berbagai tempat wisata gratis dan digaji. Hanya saja yang perlu kalian siapkan, selain mengetahui seluk-beluk tempat wisata yang akan kalian kunjungi, kalian juga harus belajar bahasa asing. Semakin banyak bahasa asing yang kalian kuasai, tentu akan menambah nilai jasa kalian di mata para penyedia tour guide.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…