Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Shopping, Biar Nggak Nyesel di Kemudian Hari!

Shopping atau belanja adalah hal yang tak mungkin bisa dihindari. Bahkan bagi beberapa orang, khususnya kaum wanita, belanja bisa menjadi sarana refreshing dari penatnya rutinitas harian atau reward atas pencapaian-pencapaian. Meski begitu, belanja tanpa aturan beresiko pada terjadinya pemborosan yang tentunya bisa mengecewakan di kemudian hari.

Agar hal itu tidak terjadi, Genit.id punya beberapa tips belanja nih, yang dijamin ngga cuma efektif tetapi juga praktis. Dilansir dari situs Brightside.me, berikut 5 diantaranya:

1. Hindari toko online saat beli Sepatu

Dalam hal memilih sepatu, usahakan menghindari toko online untuk kamu yang punya kaki dengan ukuran yang tidak umum. Sebab dalam hal memilih sepatu, yang perlu diperhatikan adalah kenyamanan dan flexibilitas. Jika kamu yang berukuran kaki tertentu, pastinya beresiko mengalami kekecewaan ketika sepatu yang terlihat fashionable dan branded itu ternyata tidak nyaman dipakai.

Kenyamanan dan fleksibilitas sepatu ditentukan oleh panjang dan lebarnya. Untuk menentukan sepatu itu pas atau tidak, saat mencobanya, gerak-gerakkan jari kakimu dan cobalah dipakai berjalan di keramik dan karpet untuk merasakan kenyamanan sepatu. Jika jari kakimu tak bisa bergerak dan sepatumu terasa sakit saat digunakan, itu artinya sepatu kekecilan.

2. Perhatikan panjang pendek celana saat membeli Jeans 

Untuk wanita, ukuran panjang celana jeans bergantung pada jenis jenas yang dipakai. Jika memakai jenis skinny, pastikan panjangnya tidak menutupi pergelangan kaki. Sehingga kaki terlihat lebih jenjang. Sedang untuk jenis jeans yang lurus, panjangnya sampai menutupi kaki bagian atas.

Untuk pria, cukup dengan panjang yang menutupi kaos kaki, tapi tidak sampai menutupi sepatu.

3. Cek Jahitan

Jahitan yang kuat akan memastikan ketahanan dan umur pakaian. Cek kerapian dan kekuatan jahitan di bagian luar dan dalam. Coba dengan sedikit merenggang-renggangkan di bagian jahitan untuk memastikan jahitan cukup kuat bila nanti dimasukkan ke mesin cuci.

4. Jangan percaya label ukuran

Sebagian dari kita mungkin telah sangat familiar dengan ukuran standar pakaian. Tapi di zaman ini, hampir setiap merk mengembangkan ukuran mereka sendiri. Penelitian terbaru bahkan menemukan bahwa ukuran 8 hari ini, sama dengan ukuran 16 pada tahun 1958. Karenanya, cobalah berbagai ukuran untuk memastikan ukuran pakaian benar-benar pas dan nyaman dipakai.

5. Waktu untuk Shopping

Bila teknik mencari pakaian sudah kalian kuasai, hal terakhir yang tak kalah penting adalah tahu kapan untuk berbelanja. Cari waktu-waktu di mana toko-toko menawarkan diskon. Yang paling umum biasanya diskon akhir tahun dan awal tahun. Manfaat sebaik mungkin waktu-waktu itu, agar belanja kalian lebih irit gak buang-buang duit. [IF]

Artikel ini ditulis oleh komunitas Genit.id. Ayo Tuliskan Ceritamu!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…