15 Hal Ini Buktikan Bill Gates Tak Sekedar Orang Terkaya, Tapi Juga Peramal

Siapa yang tak kenal Bill Gates? Di ranah teknologi, orang terkaya ini boleh dibilang merupakan sesepuh. Hingga tak heran apapun yang dipikirkan atau dikatakannya menjadi sesuatu yang layak dinantikan.

Memang, Gates bukanlah seorang dukun, namun dengan pengalaman dan penguasaannya di bidang teknologi, tak heran jika intuisinya tentang perkembangan dunia ini di masa depan sangat tajam. Terbukti, apa yang pernah diucapkan atau diramalkannya belasan tahun lalu, kini semua menjadi kenyataan.

Ya, ramalan Gates ini ditulisnya dalam sebuah buku berjudul ‘Business @ the Speed of Thought’, yang dirilis pada tahun 1999 lalu. Di dalam bukunya itu, Gates membicarakan 15 prediksi mengenai masa depan di dunia teknologi, lebih tepatnya lagi Internet. Menariknya, 15 ramalan atau prediksi yang diungkapkan Gates itu kini semuanya menjadi kenyataan.

Nah, mau tahu apa saja ramalan Gates yang kini sudah menjadi kenyataan itu? Ini dia 15 prediksi Gates sebagaimana dirangkum dari laman Business Insider:

1. Situs Komparasi Harga

Dalam bukunya, Gates memprediksi bahwa layanan perbandingan harga otomatis akan dikembangkan, yang memungkinkan orang melihat harga di beberapa situs web, sehingga mudah menemukan produk termurah untuk semua industri.

Prediksi itu terbukti tepat, karena kini layanan komparasi harga sudah menjadi sebuah hal yang lumrah. Mulai dari Google hingga beberapa situs e-commerce atau komparasi harga mulai banyak bermunculan. Bahkan, salah satu layanan milik Microsoft, yakni Bing juga memiliki fitur ini.

2. Perangkat Mobile

Gates menyebutkan bahwa di masa depan, orang-orang akan membawa perangkat kecil yang memungkinkan mereka terus-menerus berhubungan dan melakukan bisnis elektronik dari manapun mereka berada. Mereka akan bisa mengecek berita, melihat penerbangan yang mereka pesan, mendapatkan informasi dari pasar keuangan, dan melakukan hal lain pada perangkat ini.

Prediksi ini pun kini menjadi kenyataan kala peredaran smartphone, tablet, smartwatch, dan lainnya sudah dimana-mana. Penggunaannya pun persis seperti apa yang diperkirakan oleh Gates, yakni dapat berhubungan dengan orang lain secara terus menerus, melakukan bisnis, membaca berita, dan lainnya.

3. Pembayaran Perbankan dan Kesehatan via Online

“Orang-orang akan membayar tagihan mereka, mengurus keuangan mereka, dan berkomunikasi dengan dokter mereka melalui internet,” begitulah ujar Gates dalam bukunya.

Ternyata, prediksi ini pun tepat. Layanan mobile banking dan cashless sudah dengan mudah dapat diakses oleh para masyarakat dunia. Antrian di Bank pun sudah mulai berkurang.

4. Internet of Things (IoT) dan Asisten Personal

berhasil selamatkan ibunya

Gates memprediksi bahwa di masa depan, asisten pribadi merupakan hal yang biasa. Selain itu, semua perangkat akan terhubung dengan cara yang cerdas, dan kita masih dapat mengaksesnya baik dari kantor dan rumah.

Perangkat akan memeriksa email atau pemberitahuanmu, dan menyajikan informasi yang kita butuhkan. Saat kita pergi ke toko, kita bisa memberi tahu resep apa yang ingin kita siapkan, dan ini akan menghasilkan daftar bahan yang perlu kita ambil.

Asisten pribadi juga akan menginformasikan semua perangkat yang kita gunakan untuk pembelian dan jadwal kita, yang memungkinkannya menyesuaikan diri secara otomatis dengan apa yang kita lakukan.

Nah, saat ini semua hal tersebut sudah dapat ditemui, bahkan di perangkat smartphone. Beberapa contoh yang sering digunakan seperti Google Asisstant, Siri, dan lainnya kini sudah dapat melakukan hal diatas.

5. Monitor Rumah Secara Online

Tampilan aplikasi EZVIZ (Foto: Muhammad Faisal/Telset.id)

“Memonitor rumah secara konstan akan menjadi hal biasa, yang menginformasikan kapan seseorang berkunjung saat Anda tidak berada di rumah,” begitulah prediksi Gates.

Kini, berbagai perangkat CCTV yang dapat diakses secara online sudah mulai berjamuran. Harga dari perangkat ini pun kini semakin rendah sehingga banyak pengguna rumahan dapat membeli perangkat tersebut.

Para pengguna pun bisa melakukan pengecekan dimanapun mereka berada, bahkan dengan menggunakan smartphone mereka.

6. Media Sosial

Pada tahun 1999 lalu, Gates mengatakan bahwa nantinya akan ada sebuah situs pribadi untuk teman dan keluarga kita. Situs ini memungkinkan kita mengobrol dan merencanakan acara.

Dan sekali lagi prediksi ini kembali terjadi. Meski tidak berbentuk sebagai ‘situs pribadi’, namun media sosial seperti Facebook, Instagram, Snapchat, Line, dan lainnya sudah menjadi hal yang lumrah.

7. Promosi Secara Otomatis

Bill Gates memprediksi bahwa sebuah software nantinya akan mengetahui jika kita telah memesan perjalanan dan menggunakan informasi tersebut untuk menyarankan kegiatan di tempat tujuan. Software tersebut juga akan menununjukkan diskon, penawaran, dan lainnya di semua hal yang kita inginkan.

Nah, di zaman ini, semua hal tersebut sudah terjadi seluruhnya. Beberapa aplikasi serta situs perjalanan menawarkan paket liburan saat kita membeli sebuah tiket perjalanan.

Selain itu, di beberapa iklan yang muncul di sebuah situs, kita juga sering kali menemukan promosi mengenai barang yang sedang kita inginkan.

8. Situs Diskusi Olahraga Langsung

“Saat menonton kompetisi olahraga di televisi, layanan akan memungkinkan Anda mendiskusikan apa yang sedang terjadi, dan mengikuti kontes di mana Anda memilih siapa yang Anda pikir akan menang,” ujar Gates.

Kini, beberapa perusahaan tayangan olahraga sudah menggandeng beberapa media sosial untuk membiarkan para pemirsa mereka memberikan komentar secara langsung. Hal ini tentunya menjadi sebuah hal yang keren untuk dilakukan.

9. Iklan Pintar

Gates memprediksi di masa depan, akan ada iklan cerdas yang akan mengetahui tren pembelian penggunanya. “Perangkat akan memiliki iklan cerdas. Mereka akan mengetahui tren pembelian Anda, dan akan menampilkan iklan yang disesuaikan dengan preferensi Anda,” ujar gates.

Kini, kita banyak melihat iklan yang muncul di berbagai situs yang menawarkan berbagai barang yang apa yang kita inginkan. Dan, para pengkilan pun kini semakin pintar dengan menargetkan iklan tertentu di sebuah situs yang relevan dengan apa yang ingin mereka jual.

10. Tautan Web di Tayangan TV

“Siaran televisi akan mencakup tautan ke situs web dan konten yang relevan yang melengkapi apa yang Anda tonton,” tulis Gates dalam buku tersebut.

Ternyata, prediksi ini kini bisa dibilang sudah terjadi. Banyak iklan yang kini menyertakan sebuah kode yang dapat di pindai oleh pengguna menggunakan smartphone mereka untuk langsung menuju tautan yang dimaksud.

Di Indonesia sendiri, cara ini memang masih jarang terjadi. Namun, tak heran jika dalam waktu dekat ini, para pengiklan akan menggunakan cara ini untuk memudahkan para pemirsa TV untuk mendapatkan informasi.

11. Diskusi Online/ Social Media

Trending topic twitter

Gates memperediksi kehadiran Twitter, Facebook dan lainnya sebagai wadah orang di dunia untuk mendiskusikan berbagai hal. Dalam bukunya, dia menulis, “Warga kota dan negara dapat berdiskusi berbasis internet mengenai isu-isu yang mempengaruhi mereka, seperti politik lokal, perencanaan kota, atau keamanan.”

Dan benar saja, di zaman ini para warga dunia aktif dalam menggunakan social media seperti Twitter dan Facebook untuk mendiskusikan berbagai hal. Bahkan, seseorang dengan kewarganegaraan berbeda dapat berdiskusi mengenai hal-hal yang membuat mereka tertarik kapanpun dan dimanapun.

12. Situs Online Berbasis Ketertarikan

“Komunitas online tidak akan terpengaruh oleh lokasi, melainkan ketertarikan Anda,” begitulah perkiraan Gates di dalam buku tersebut.

Kini, situs seperti itu sudah banyak berkembang di seluruh dunia. Misalnya saja, di Amerika terdapat sebuah situs bernama Reddit, dimana para penggunanya bisa berdiskusi mengenai apa yang menjadi ketertarikan mereka.

Di Indonesia pun sama. Kaskus adalah salah satu contohnya. Di situs tersebut, terdapat banyak komunitas yang bisa dipilih oleh masyarakat Indonesia untuk berdiskusi.

13. Software Manajemen Proyek

menggunakan komputer
Ilustrasi

Dalam salah satu segmen, Gates menuliskan bahwa di masa depan, akan ada software manajemen proyek yang mampu mempermudah sebuah proyek yang berjalan.

“Manajer proyek yang ingin membuat tim bersama dapat online, menjelaskan proyeknya, dan menerima rekomendasi untuk orang-orang yang tersedia yang sesuai dengan persyaratan mereka,” tulis Gates.

Kini, berbagai perangkat lunak alur kerja bagi perusahaan, semisal Slack, Asana, dan Trello, merevolusi bagaimana kita merekrut, membentuk tim, dan menugaskan pekerjaan kepada orang lain. Sementara itu, perusahaan seperti Fiverr dan Gigster membantu menghubungkan perusahaan dengan bakat kreatif yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan proyek.

14. Rekrutmen Online

Dulu, untuk melamar kerja, orang harus datang atau mengirim dokumen lamaran kerja mereka secara langsung di kantor. Oleh karena itu, Gates memperkirakan bahwa di masa depan, perekrutan akan terjadi secara online.

Nah, kini para pencari kerja sudah banyak melakukan perekrutan secara online. Dan tentunya hal ini semakin mempermudah para pencari kerja untuk melamar ke sebuah perusahaan.

15. Sortware Komunitas Bisnis

“Perusahaan akan dapat menawar pekerjaan, apakah mereka mencari proyek konstruksi, produksi film, atau kampanye periklanan. Ini akan efisien bagi kedua perusahaan besar yang ingin melakukan outsourcing pekerjaan yang biasanya tidak mereka hadapi, bisnis yang mencari klien baru, dan perusahaan yang tidak memiliki penyedia layanan untuk layanan tersebut,” tulis Gates.

Di masa kini, semua hal yang diprediksi oleh Gates benar adanya. Tidak ada lagi pasar tunggal. Semua orang mendapatkan kesempatan yang sama saat ada tender bisnis besar. Bahkan, seorang freelancer juga bisa mendapatkan klien. [NC/IF]

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…