Begini Caranya Biar ‘Kesejahteraan’ Kamu Terjamin Saat Traveling

Menjadi traveler tak semudah membalik telapak tangan. Berbagai perjuangan dilakukan saat hendak liburan, mulai dari hunting tiket murah, hotel nyaman namun terjangkau, hingga menyiapkan tabungan untuk biaya perjalanan. Hal ini dilakukan demi mendapatkan liburan yang tak hanya menyenangkan tetapi juga tak terkendala, alias puas.

Nah, ngomong-ngomong soal destinasi nih, nyatanya banyak negara yang indah dan keren di luar sana, yang so pasti layak untuk kamu kunjungi. Sebut saja Portugal, Spanyol atau bahkan Hawaii. Namun, kemana pun tujuan kamu, satu hal yang perlu diketahui, bahwa mengunjungi negara lain sama artinya dengan harus mempelajari budaya dan kebiasaan dari masyarakat setempat. Kenapa? Sudah pasti agar perjalanan berlangsung nyaman.

Berikut ini adalah beberapa tips mengenai metode paling ampuh untuk menjamin kesejahteraan kamu selama perjalanan. Intip yuk!

1. Sebisa mungkin tidak sering mengambil uang di ATM

Saat bepergian, kadang kita suka membelikan oleh-oleh untuk keluarga atau teman, yang kadang tanpa kita sadari menguras uang tunai. Alhasil, kamu pun  sebisa mungkin mendatangi ATM.

Ok, fine saja jika uang kamu tidak berseri. Tapi bagaimana jika yang ada di ATM kamu itu tabungan buat naik haji. Kursnya lumayan lho.

Nah, cara terbaik dalam mengatur keuangan saat traveling adalah dengan membawa uang sesuai kebutuhan harian, dan tinggalkan uang di tempat aman. Atau jika kamu kehabisan uang, cobalah mengunakan pembayaran non tunai. Ini akan jauh lebih baik daripada kamu pergi ke ATM.

2. Berbaur dengan Masyarakat setempat

Cara menikmati liburan dengan rasa aman adalah dengan berbaur dengan masyarakat setempat. Jika kamu memiliki waktu luang, cobalah duduk sesaat menyapa masyarakat sekitar lokasi wisata dan coba gunakan pakaian yang wajar atau yang biasa digunakan masyarakat setempat. Dengan berpakaian seperti ini, kamu akan terhindar dari incaran penjahat seperti pencopet. Kualat.dong kalau nyopet sesama. Padahal bukan.

3. Belajar bahasa sederhana

Sebelum bepergian, cobalah untuk memahami bahasa sederhana tempat yang kamu kunjungi, seperti ucapan terima kasih atau salam perkenalan. Selain itu kamu juga perlu mempelajari kebiasan masyarakat setempat dalam mengendarai kendaraan umum. Dengan begini kamu akan mudah berinteraksi dan mendapat senyum dari warga yang menganggap kamu menghargainya.

4. Gunakan jalur umum

Kadang kita menganggap jalan-jalan kecil dan sepi cenderung eksotis dan menantang, nyatanya tidak melulu demikian. Jadi usahakan sebisa mungkin tidak melakukan hal ini saat traveling. Pilihlah jalur-jalur aman, yaitu yang ramai dilalui orang dan cukup pencahayaan di malam hari. Hal ini akan membuat jalan kamu jauh dari risiko seperti pencopetan atau tindak kejahatan lainnya. Nggak mau dong dijailin preman? [IF]

Artikel ini ditulis oleh komunitas Genit.id. Ayo Tuliskan Ceritamu!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…