5 Oleh-oleh Wajib yang Harus Dibawa Pulang dari Palembang

Palembang memiliki banyak oleh-oleh  khas yang bisa dinikmati para pelancong saat kembali ke kota asalnya. Dan berkunjung ke kota ini menjadi semakin wajib, khususnya di tahun 2018 lantaran bersamaan dengan diadakannya event Asian Games 2018, yang akan berlangsung bulan Agustus mendatang.

Nah, biar kamu yang mengunjungi kota nggak pulang dengan tangan kosong, yuk intip 5 oleh-oleh khas Palembang berikut ini:

1. Pempek

Pempek, makanan yang sudah dikenal seluruh Indonesia. Makanan khas Palembang ini sudah menjadi hal wajib yang harus dibeli untuk oleh-oleh. Pempek mempunyai beberapa varian, antara lain, kapal selam, adaan, lenjer, dan kulit, selain itu ada pempek lenggang yang dicampur dan diaduk dengan telur lalu dibakar.

Di Palembang, hampir seluruh kota menyediakan oleh-oleh ini. Tetapi hanya ada beberapa yang terkenal enak rasanya dan murah harganya. Pasar Tradisional 26 Ilir atau Pasar Kuto Palembang tempatnya. Tapi jangan asal pilih dan beli di sembarang toko. Cukup mudah memilih toko yang enak, jika pengunjungnya ramai, datanglah ke tempat itu, pasti rasanya enak, beradasarkan tips warga Palembang asli.

2. Kemplang

Kerupuk dengan saus terasi berwarna hitam yang memiliki rasa asam manis, pasti semua orang pernah mencicipinya. Kemplang merupakan kerupuk dari ikan lalu dibakar dengan bara api. Karena rasanya yang enak, tidak salah jika kemplang menjadi makanan khas Palembang.

Palembang memiliki satu daerah yang dijuluki kampong kemplang bakar. Berlokasi di Kecamatan Kemuning, berjejer banyak pedagang dipinggir jalan. Jika ingin membeli yang rasanya enak, ada salah satu toko populer, Toko Kerupuk Suwandi namanya, yang beralamat di jalan Letkol Iskandar No. 686.

3. Kue Khas Palembang

Kue delapan jam, bolu kojo, bluder, kue engkak ketan, matsuba, manan, sahmin, itu semua kue khas dari Palembang. Kue-kue tersebut sudah dikemas dalam kotak kecil. Toko Harum ini berlokasi di jalan Merdeka No. 811. Wajib dicoba panganan khas Palembang ini.

4. Kain Songket

Jika sudah terlalu bosan dengan makanan Palembang. Tidak ada salahnya untuk membeli souvenir pakaian khas dari sana. Salah satunya kain songket, memiliki warna dan motif unik. Jika ingin membeli kain songket ini, harus mengeluarkan dana yang besar sekitar Rp 750.000 hingga jutaan Rupiah, tergantung bagaimana kualitasnya. Kain khas ini terdapat disalah satu toko yang berlokasi Pasar 16 Ilir Baru, Rumah Songket.

5. Kaos dan Pernak-Pernik

Untuk kerabat, tidak ada salahya memilih kaos dan souvenir favorit dari Palembang. Kaos-kaos ini memiliki kata – kata yang unik dan diplesetkan ke dalam bahasa Palembang. Toko ini bernama Nyesnyes atau yang lebih dikenal outlet Kaos Sungai Musi Palembang.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…