5 Menu Makanan Sehat Ini Cocok Buat Kamu yang Mau Punya Bisnis Sampingan

Gaya hidup masyarakat Indonesia tiap tahun mengalami perubahan, bukan hanya dalam hal teknologi tetapi juga gaya mengkonsumsi makanan. Tren sebelumnya, dimana masyarakat lebih menyukai makanan cepat saji mulai bergeser ke makanan sehat. Bahkan tidak sedikit restoran berbasis makanan sehat mulai bermunculan.

Harus diakui, menu makanan sehat cenderung memiliki harga yang mahal dibandingkan makanan cepat saji. Namun bukan berarti tidak banyak peminatnya. Nyatanya, bisnis makanan sehat menjadi bisnis yang memiliki potensi besar belakangan ini. Tak heran, jika peluang di bisnis inipun terbuka lebar.

Nah, jika memang kamu tertarik untuk terjun ke bisnis ini, harus paham dulu nih apa itu menu sehat, karena bukan hanya sekedar minim msg alias tanpa penyedap tapi juga ada kriteria lainnya.

Genit.id  mengumpulkan beberapa menu sehat yang bisa jadi inspirasi kamu dalam membuka usaha. Yuk simak!

1. Aneka Puding

Puding adalah menu yang hampir disukai semua kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Rasanya yang manis juga memberikan banyak manfaat karena mengandung serat yang banyak. Selain itu, membuat puding juga cukup mudah dan bahan yang dibutuhkan juga gampang.

Namun demikian, dibutuhkan kreativitas  dalam menjual produk ini, seperti tampilan yang menarik atau jenis varian yang unik tapi tetap sehat.  Dan agar tidak menimbulkan kerugian, kamu harus jeli dalam membuat jumlah produk karena puding tidak tahan lama. Untuk permulaan, kamu mungkin bisa sistem PO terlebih dahulu.

2. Salad buah

Salad buah memang bukan makanan khas Indonesia, namun saat ini menu ini cukup digandrungi karena manfaatnya yang besar. Mulai dari mengandung banyak vitamin, mineral, hingga antioksidan. Kalau bisnis Jus buah atau sejenisnya sudah cukup banyak, kamu bisa memilih menu ini. Kamu cukup menyediakan buah-buahan yang beragam dengan dressing ataupun topping yang bervariasi untuk menarik minat pelanggan. Misalnya, aneka buah-buahan yang dipotong dadu disiram dengan mayones, susu kental manis, juga parutan keju di atasnya dan sebagainya.

Nah, bisnis ini juga lumayan minim rugi loh karena kamu bisa membuat atau menggunakan buah yang sesuai pesanan dan sisanya masih dapat disimpan kembali.

3. Mie Ayam

Ok, kamu mungkin akan bertanya-tabya, kok bisa mie ayam masuk katagori makanan sehat? Jangan terkejut dulu, menu makanan yang banyak diminati orang Indonesia ini banyak yang kurang sehat karena kadang mengunakan msg yang cukup banyak dan mie yang dibuat dengan pengawet. Meski itu hanya pengawet makanan.

Nah, kalau kamu mau menyasar pasar ini, kamu harus mulai sedikit kreatif, yakni dengan menawarkan mie buatan sendiri dan berinovasi dengan warna alias mie warna-warni. Misalnya kamu bisa membuat warna hijau dengan mencampurkan jus sawi, merah dengan wortel, biru dengan bit dan seterusnya. Dan tentu saja tanpa pengawet. Sehat kan?

4. Olahan susu

Semua tahu susu banyak mengandung  gizi, begitu juga produk olahannya seperti yoghurt. Bahkan  yoghurt menjadi alternatif pilihan bagi mereka yang sensitif terhadap laktosa pada susu. Peminat yoghurt saat ini juga cukup banyak jadi akan mudah memasarkannya. Buat kamu yang ingin mencoba menjual produk ini, kamu harus menyiapkan beberapa bahan seperti krim susu dan susu cair murni yang banyak disediakan di pasar . Dan jangan lupa bibit-bibit yoghurt yang nggak dijual secara bebas di pasaran.

Nah, kamu tinggal mengkreasikan toping berupa buah-buahan. Meski penambahan topping dalam pengolahan kuliner sehat tidak dianjurkan, namun kamu masih tetap bisa mengakalinya dengan menggunakan bahan-bahan yang alami  dan usahakan minim gula serta penyedap rasa.

5. Es rujak

Siapa yang tak suka rujak, makanan satu ini hampir digemari oleh semua kalangan. Bukan hanya karena kesegarannya tetapi juga rasanya yang gurih. Nah, kalau kamu mau kreatif sedikit dengan menjadikan rujak dalam bentuk es atau  es krim, sensasi makan rujak pun akan lebih seru.

Untuk membuat varian ini kamu cukup menyediakan buah-buahan rujak seperti bengkuang, nanas, timun, pepaya dan buah-buahan lainnya, nanti tinggal disiram es krim buatan sendiri dan saus sambal. Atau, kalau kamu mau lebih kreatif lagi, cukup buat rujaknya jadi salah satu menu kreasi es krim buatan kamu. Gimana? Tertarik untuk mencoba? [NF/IF]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…