Ini Dia Robot yang Bakal Bantuin Manusia Bangun Rumah di Mars

Bosan dengan semua keruwetan yang kita dapatkan di bumi? Mulai dari macet, copet, dan lainnya, opsi untuk hengkang dari planet pun hadir tatkala desas-desus mengenai kemungkinan tinggal di Mars berkembang. Sontak, pindah dari Bumi ke Planet Mars pun tak lagi sekedar impian atau angan-angan bagi manusia di masa depan.

Namun, jikalau rencana tersebut benar-benar terjadi, manusia memerlukan bantuan untuk melakukannya, tepatnya bantuan dari robot berbasis Artificial Intelligence (AI) yang super canggih dan pintar.

Oleh karena itu, persiapan pun terus dilakukan untuk mempermulus rencana tersebut. Salah satunya seperti yang dilakukan badan antariksa Jerman atau German Aerospace Center (DLR), yang telah membuat robot humanoid.

Dilansir dari Wired, robot humanoid bernama Justin ini didesain oleh para insinyur DLR untuk bisa bekerja bagi manusia selama 10 tahun. Robot ini dipersiapkan membantu manusia untuk membangun tempat hunian atau rumah di Planet Mars.

Ada berbagai keahlian yang dimiliki Justin. Misalnya saja seperti menangani atau memperbaiki alat-alat dan mesin, mengenali dan menangani berbagai hambatan atau benda di lingkungan habitat manusia.

Selain itu, robot Justin juga bisa mengambil gambar dan mengunggahnya ke sebuah sistem pengawas yang dipantau langsung oleh astronot di orbit.

Keahlian itu dibuktikan dengan keberhasilan Justin memperbaiki panel matahari di sebuah laboratorium di Munich, Jerman dalam waktu beberapa menit saja dengan dibantu oleh arahan seorang astronot yang berada di International Space Station.

Namun, yang justru menarik adalah berkat penggunaan AI tingkat tinggi, Justin bahkan tak harus menunggu data masukan sebelum melaksanakan sebuah aksi. Hal tersebut karena robot humanoid ini mampu berpikir dan melakukan aksi secara mandiri untuk melaksanakan tugas-tugas yang kompleks.

Justin sendiri memiliki tinggi sekitar 1,91 meter dengan berat berkisar 199,5 kilogram. Untuk mendukung berbagai aktivitasnya nanti, robot ini akan disematkan kamera dengan sensor high definition dengan kemampuan 3D view sebagai matanya.

Untuk menangani berbagai permasalahan termasuk membangun rumah, memperbaiki mesin, dan lainnya, Justin dibekali dua tangan dengan delapan jari. Sedangkan untuk berpindah ke tempat satu ke tempat lainnya, dibuatkan empat roda yang mampu membawanya kemanapun, termasuk medan yang berat seperti gunung berapi. Keren kan? (FHP/IF)

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…