Jangan Lakukan 6 Hal Ini di Jepang, Kalau Nggak Mau Dianggap Songong!

Dimana bumi dipijak di situ langit di junjung, demikian bunyi sebuah pribahasa lawas, yang artinya kira-kira mengharuskan kita untuk mematuhi aturan yang berlaku di tempat kita berdiam. Tujuannya sederhana, menghargai orang lain.

Nah, pribahasa serupa sepertinya harus juga kamu gunakan saat traveling atau liburan. Dimana adat istiadat, norma atau kepercayaan daerah tertentu tidak seharusnya kita langgar demi menjadi wisatawan yang baik.

Saat kamu mengunjungi negeri sakura, Jepang, misalnya. Negara yang terkenal dengan kecanggihan teknologinya itu bisa dibilang sangat kuat dalam urusan budaya dengan masyarakat yang sangat taat pada aturan. So, supaya kamu nggak dicap sebagai traveler songong atau bahkan dianggap melecehkan budaya orang lain Genit.id mau berbagi tips nih mengenai hal-hal yang tidak boleh dilakukakan saat berkunjung ke Jepang. Apa saja ya?

1.  Makan atau minum sambil jalan

Kebiasaan orang Jepang pada umumnya tidak makan atau minum sambil berjalan. Kalaupun jajan atau beli makanan di pinggir jalan, mereka biasanya akan segera menghabiskan itu di tempat mereka beli, meski tetap sambil berdiri. Begitu juga ketika membeli mereka makanan atau minuman di vending machine, mereka akan mengkonsumsi itu saat itu juga.

Tak hanya itu, di dalam transportasi umum pun, khususnya yang jarak dekat,  mereka biasanya juga tidak makan atau minum karena dianggap kurang pantas, kecuali transportasi jarak jauh. Jadi, kamu harus hindari kebiasaan makan atau minum sambil jalan.

2. Berbicara lantang di transportasi umum

Satu kebiasaan orang Jepang adalah rasa segan yang tinggi sehingga menurut mereka menganggu orang lain sangat tidak sopan. Karena itu masyarakat Jepang selalu berbicara pelan di tempat umum, bahkan saat mengunakan telepon.
Tak heran, orang Jepang juga banyak yang menggunakan nada getar dibandingkan nada dering pada ponselnya.
Jadi kalau kamu biasa ngobrol di transportasi umum dengan suara keras, jangan lakukan itu di Jepang ya. Sssttt….

3. Menerima atau memberi sesuatu dengan satu tangan

Bagi kita memberi atau menerima dengan satu tangan, dalam hal ini tangan kanan, adalah hal yang sopan. Berbeda dengan di Jepang, masyarakat menganggap bahwa memberi atau menerima sesuatu dengan kedua tangan adalah hal yang sopan.

Bahkan, untuk hal kecil seperti uang atau kartu nama sekali pun. Jadi kalau sedang di sana, coba ya memberi dan menerima dengan kedua tangan.

4.  Menuangkan minuman untuk diri sendiri

Salah satu cara menghargai orang lain di Jepang adalah dengan menuangkan minuman ke gelas orang tersebut. Jadi, saat sedang makan-makan atau minum bersama orang Jepang, kamu jangan egois dan hanya menuangkan minuman ke gelas sendiri ya. Kecuali itu gelas teman atau saudara kamu, yang sama-sama orang Indonesia.

Oh ya, masih soal dua tangan, saat kamu menuangkan minuman ke gelas rekan kamu juga sangat dianjurkan menggunakan kedua tangan.

5. Memberikan uang tip

Memberi tipsbagi sebagian negara merupakan hal yang wajar, apalagi kalau kamu puas dengan pelayanan jasanya. Tapi hal ini jangan coba-coba kamu lakukan di Jepang. Kenapa? Bagi masyarakat Jepang, memberi tips merupakan penghinaan atau menyinggung.

6. Malas antri

Kamu tahu kan orang Jepang sangat disiplin, salah satunya budaya antri mereka yang sangat tinggi. Disini semua orang siap antri. Jangankan cuma antri beli iPhone, naik lift, bus atau kereta juga mereka bakal antri dengan tenang. [NF/IF]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…