Two Brothers at home playing computer games and doing homework

Raih Predikat Terburuk Sepanjang 35 Tahun, Apa Dosa 4 Game Ini?

Hingga saat ini mungkin sudah ada lebih dari ribuan bahkan puluhan ribu judul game yang telah diluncurkan dan dimainkan oleh para gamers di seluruh dunia.

Dari sekian banyak game di berbagai platform, tentu ada game yang dinobatkan sebagai game terbaik mingguan, bulanan, tahunan bahkan game terbaik sepanjang masa.

Nah, jika ada kata “terbaik”, tentu ada juga kata “terburuk” bukan? Ngomong-ngomong soal game terburuk, kali ini Tim Genit.id akan membagikan jajaran game berpredikat itu dalam jangka waktu 35 tahun terakhir.

Apa saja ya game-nya? Jangan-jangan kamu termasuk satu dari sedikit orang yang pernah memainkannya. Cek yuk!

Catfight (1996)

Di urutan pertama ada game Catfight yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1996 silam. Meski mengklaim sebagai game yang menyajikan “pertarungan wanita terbaik”, namun nyatanya Catfight malah mendapatkan predikat sebagai salah satu game terburuk yang pernah ada.

Bagaimana tidak, Catfight dikemas dengan kualitas grafis yang rendah, kontrol yang tidak responsif, kualitas musik dan suara yang buruk, dan terlalu menampilkan sisi “sexy” di setiap karakter pada game-nya. Namun yang membuatnya terlihat benar-benar buruk adalah adanya pengaturan kesulitan yang memungkinkan pemainnya melawan lawan yang sama sekali tidak melawan atau melakukan apapun.

Superman Returns (2006)

Selanjutnya ada game Superman Returns yang pertama kali memulai debutnya pada tahun 2006. Game ini mengusung tema yang hampir sama dengan versi film yang juga memiliki judul sama. Yang membuatnya masuk ke daftar sebagai game terburuk selama 35 tahun terakhir adalah gameplay yang disajikan Superman Returns terkesan membosankan. Misalnya saja perjalanan atau waktu terbang Superman yang terkesan lama, berbanding terbalik dengan kecepatan Superman di filmnya. Kemudian tugas “sehari-hari” yang harus dilakukan Superman untuk mencegah meteor masuk ke wilayahnya. Hingga pertarungan yang kurang memuaskan di bagian akhir apalagi ketika melawan Lex Luthor karena kurang mengeksplorasi kekuatan sebenarnya dari Superman.

Assassins Creed 3 (2012)

Posisi ketiga diisi oleh game Assassins Creed 3 yang mulai bisa dimainkan pada tahun 2012 yang lalu. Berdasarkan penelusuran di jagat internet, kebanyakan gamers memberikan predikat game terburuk pada Assassins Creed 3 karena game ini memiliki karakter utama yang “tak berkarakter kuat”.

Selain itu, kritik yang cukup masif pun terjadi gara-gara ending dari game ini terkesan “kentang” atau tidak benar-benar tamat. Hal tersebut terjadi karena Assassins Creed 3 menyisakan banyak plot yang bertujuan untuk membuat sekuel Assassins Creed IV: Black Flag. Yang sangat disayangkan lagi adalah, sejujurnya game ini memiliki gameplay dan alur cerita yang cukup baik.

Kinect Star Wars (2012)

Selanjutnya adalah Kinect Star Wars yang merupakan game yang mendukung perangkat Microsoft Kinect. Meski mendukung perangkat tersebut, sayangnya Kinect Star Wars sebenarnya tidak benar-benar bekerja sebagai sebuah game berbasis kinect. Itulah yang membuatnya masuk ke jajaran game terburuk selama 35 tahun terakhir.

Hal tersebut terjadi karena kontrol gerak dan sensor pengenal tubuh bekerja terlalu cepat sehingga membuat para pemainnya sangat sulit untuk mengontrol karakter yang mereka mainkan. Padahal jika dikemas dengan baik, para pemainnya akan bisa merasakan sensasi menggunakan lightsaber seperti Luke Skywalker yang punya perpaduan antara gaya dan kekuatan dalam menggunakannya. Selain kontrolnya yang sulit dioperasikan, latar musik yang ada pada game pun dinilai malah semakin memperburuk suasana pada game. [FHP/IF]

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…